Senin 04 Juli 2022, 20:20 WIB

Tips Menghindari Kekerasan Berbasis Gender Online

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tips Menghindari Kekerasan Berbasis Gender Online

iStock
Ilustrasi

 

Kejahatan bisa terjadi di mana saja, termasuk dunia digital. Sekarang ini pengguna media digital perlu mewaspadai kekerasan berbasis gender online (KBGO).

“KBGO itu menyebarkan foto atau video pribadi ke media sosial hingga ke website pornografi tanpa adanya persetujuan dari si pemilik,” kata Pengusaha, Digital Trainer, Graphologist Diana Aletheia Balienda di Tuban, Jawa Timur, pekan lalu.

KBGO, lanjut dia, bisa terjadi pada siapa saja. Menurut Survei Plan Internasional pada 2019 yang dilakukan kepada 14.000 perempuan usia 14-25 tahun di 22 negara, 58 persen perempuan mengalami pelecehan daring. Kemudian 50 persen partisipan menyatakan lebih sering terjadi pelecehan daring dibandingkan luring. Kejadian paling umum terjadi di media sosial.

Jumlah kasus KBGO meningkat pesat selama pandemi Covid-19. Tercatat 940 kasus terjadi pada 2020, padahal 2019 ditemukan 281 kasus.
Dampak KBGO bisa membuat korban mengalami depresi, kecemasan dan ketakutan, dan bahkan melakukan bunuh diri. Karena itu, Diana mengingatkan, masyarakat mewaspadai tindak kekerasan berbasis gender di dunia digital.

“Batasi komunikasi dengan orang yang baru dikenal melalui dunia digital. Hindari mengirim foto apapun apalagi wajah dan seluruh badan. Apabila terlanjur berkenalan, telusuri profil orang tersebut sampai benar-benar mendapat identitas asli. Jika ada teror, sampaikan secara tegas untuk mengakhiri percakapan serta abaikan pesan-pesannya,” ujar Diana. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara/Syaiful Arif.

Habib Zen bin Smith Wafat, Wapres Kenang Almarhum

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:47 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah Habib Zen bin...
Ist

Debat Iluni UI, Ahmad Akbar Harap UI Connect Terus Diperbaiki

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:46 WIB
PEMILIHAN Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) memasuki tahapan Debat Kedua. Debat berlangsung di Balai Sidang UI...
Ist

Suplemen Lokal Rimbalife Mampu Bersaing dengan Produk Impor

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:58 WIB
Karena waktu itu susu protein lokal yang berkualitas itu sangat sedikit, di situlah muncul keinginan dan ide bisnis dari Clinton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya