Senin 04 Juli 2022, 17:59 WIB

Waspadai Penyebaran Berita Bohong dan Menyesatkan di Ruang Digital

Mediaindonesia.com | Humaniora
Waspadai Penyebaran Berita Bohong dan Menyesatkan di Ruang Digital

Antara
Ilustrasi

 

Terbukanya arus informasi sejak era internet mengemuka membuat masyarakat harus waspada terhadap penyebaran berita bohong atau dikenal sebagai hoaks yang bisa menyesatkan. Dampak dari hoaks sangat berpengaruh besar pada tatanan dan kestabilan di masyarakat, bahkan hoaks bisa mengancam persatuan bangsa.

Hoaks secara umum adalah informasi atau berita asli yang telah direkayasa tujuan kepentingan tertentu. Berita bohong sama sekali tidak dilandaskan pada fakta, kenyataan atau kebenaran. "Artinya berita itu mengada-ada atau merupakan rumor yang tidak terbukti kebenarannya," kata Dosen Fikom Unitomo Surabaya, Rosnindar Prio di Magetan, Jawa Timur, pekan lalu.

Menyikapi maraknya hoaks yang beredar, masyarakat perlu mengetahui ciri-cirinya agar dapat menyaring berita sebelum memercayainya atau menyebarkannya. Lebih jauh Rosnindar mengatakan agar tidak mudah terprovokasi dengan judul berita, foto, maupun video click bait di mana isinya sama sekali tidak ada hubungannya dengan judul. Biasanya judul berita dibuat bombastis hingga membuat orang ingin membacanya.

Selanjutnya, biasakan untuk kritis terhadap informasi yang didapat. Apalagi sekarang ini siapapun bisa menulis berita di internet, namun tak semua orang memiliki kapasitas serta tanggung jawab atas apa yang ditulis. Untuk itu perlu dicari tahu atau validasi terlebih dahulu kebenaran informasinya.

Kemudian gunakan logika saat menemui berita yang beredar, seperti konspirasi mengenai korona hingga broadcast yang cenderung menggiring opini masyarakat untuk tidak taat protokol kesehatan. Selalu lakukan konfirmasi, cek dan re-check kepada pihak-pihak terkait, sebab berita hoaks juga beredar di media sosial.

Sebaiknya agar informasi yang diterima lebih terpercaya, baca sumber berita dari media-media yang telah terpercaya dan diakui oleh Dewan Pers. Setiap orang juga bisa berpartisipasi dalam menangkal hoaks yang beredar, yaitu dengan melaporkan berita tersebut. (OL-12)

 

Baca Juga

ilustrasi

Terapkan Batas Saat WFH Bisa Tenangkan Jiwa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 21:23 WIB
"Ada yang namanya segregated yakni sangat dipisahkan. Dia membuat ruang-ruang sendiri sebagai boundary dia bekerja, ada tempat khusus...
Ist

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:22 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan...
Antara

Kasus positif COVID-19 bertambah 5.104

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:54 WIB
Adapun kasus aktif pada hari ini bertambah 30 kasus. Hasilnya, tercatat sudah ada 53.606 kasus aktif di seluruh penjuru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya