Sabtu 02 Juli 2022, 12:00 WIB

Kemenag Apresiasi Inovasi Rompi Penurun Suhu untuk Jemaah Haji yang Sakit

Fedian Ananda Majni | Humaniora
Kemenag Apresiasi Inovasi Rompi Penurun Suhu untuk Jemaah Haji yang Sakit

Dok Kemenkes
Mencoba rompi penurun suhu

 

SEKRETARIS Jenderal Kementerian Agama Prof Nizar Ali bersama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Prof Hilman Latief beserta rombongan berkunjung ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah. Dalam kunjungannya, Sekjen Kemenag mengapresiasi inovasi Kementerian Kesehatan dalam pelayanan kesehatan haji.

Prof Nizar Ali mengapresiasi inovasi set rompi penurun suhu yang akan digunakan untuk mengatasi pasien dengan heat stroke. Menurutnya, inovasi ini sangat bermanfaat, baik bagi petugas maupun bagi jemaah haji, terutama di bawah terik sinar matahari untuk mendinginkan suhu.

“Sekali melangkah ada teknologi yang merekayasa panas menjadi dingin, kita sangat apresiasi," kata Nizar Ali dalam keterangannya, Sabtu (2/7).

Rompi penurun suhu merupakan inovasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk penanganan kasus heat stroke pada jemaah haji pada fase Armuzna. Inovasi ini memanfaatkan teknologi carboon cool yang dapat bertahan selama 8-12 jam di bawah terik matahari.

Dalam kunjungannya, Sekjen Kemenag beserta rombongan juga berdialog dengan Kepala Pusat Kesehatan Haji beserta jajaran Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Pada kesempatan tersebut, dr. Budi Sylvana meminta dukungan dari Kementerian Agama dalam proses tasreh alat kesehatan, untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan di KKHI pada musim haji tahun mendatang.

“Live saving kita lakukan di sini. Yang dirujuk yang butuh operasi besar dan pemeriksaan penunjang. Mohon bantuan dari kemenag supaya kita bisa lengkapi tasreh untuk alat-alat kesehatan di tahun depan, termasuk transfusi," sebutnya.

Baca juga: Apresiasi Tim Kesehatan, Jemaah Rasakan Layanan Terbaik di Klinik Haji

Kementerian Agama juga bersepakat untuk mendorong pelayanan kesehatan menjadi lebih baik ke depannya

“Kita menyaksikan langsung, sirkulasi datang dan perginya jemaah ke KKHI ini cukup banyak, 70 orang per hari. Kami sepakat pelayanan kesehatan kita dorong lebih baik," ungkap Prof Hilman

Sekjen dan Dirjen PHU Kemenag beserta rombongan, setelah berdialog dengan Kepala Pusat Kesehatan Haji dan tim KKHI, melihat langsung sistem monitoring pengawasan makanan TelePetugas. Selain itu juga melihat langsung pelayanan kesehatan yang sedang berlangsung di KKHI Mekah.(OL-5)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PB IDI Dukung Regulasi Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada Kemasan Plastik  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:45 WIB
“Selama ini, masyarakat hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan, namun mengabaikan...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya