Kamis 30 Juni 2022, 16:11 WIB

Literasi Digital Indonesia Perlu Masuk Kurikulum Pendidikan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Literasi Digital Indonesia Perlu Masuk Kurikulum Pendidikan

MI/Ramdani
Ilustrasi

 

Teknologi digital berkembang secara masif. Pengguna internet Indonesia mencapai 204,7 juta orang atau setara 73,7 persen dari total populasi penduduk. Meski demikian, skor indeks keahlian, kecakapan, dan pemanfaatan teknologi digital yang rendah.

Berdasarkan Indeks Literasi Digital Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Katadata Insight Center (KIC) pada 2021, indeks literasi digital Indonesia berada di angka 3,49.

“Kita masyarakat Indonesia, dengan pengguna salah satu terbanyak di dunia, literasi kita rendah karena untuk membuat password saja masih memakai data pribadi, lalu data pribadi kita bagikan juga ke media sosial,” kata Direktur PT Cipta Manusia Indonesia, Ismita Putri saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Rendahnya literasi digital, lanjut dia, tidak hanya terjadi di daerah-daerah kecil di Indonesia. Daerah pinggiran Ibu Kota Jakarta masih banyak yang belum memahami literasi digital. “Saya setuju literasi digital dimasukkan dalam kurikulum pendidikan Indonesia, karena ini ujungnya berhubungan dengan budaya Indonesia,” ujar Ismita.

Hal senada diutarakan Anggota Mafindo, Dosen Praktisi, HR Professional, Rovien Aryunia SPD. Menurut dia, literasi digital perlu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Ruang digital sudah menjadi kehidupan sehari-hari. “Pengalaman saya, di sekota anak saya sudah ada pelajaran-pelajaran literasi digital,” ujar Rhovien.

Literasi digital yang baik membuat pengguna internet bisa berselancar dengan nyaman di media sosial. Sekarang ini, etika bermedia sosial masyarakat Indonesia dinilai kurang baik. Berdasarkan survei Microsoft, netizen Indonesia menduduki tempat teratas paling tidak sopa se-Asia Pasifik. (OL-12)

Baca Juga

DOK APP Sinar Mas

APP Sinar Mas Perkenalkan Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan

👤Widhoroso 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:34 WIB
DALAM upaya mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan industri pulp dan...
Antara/Asep Fathulrahman.

Produksi Vaksin Lokal PMK Digenjot hingga 30 Juta Dosis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:22 WIB
Pemerintah tengah menggiatkan produksi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dalam negeri berdasarkan stereotipe virus yang beredar di...
Ist

Hadirkan Sandiaga Uno Hingga Prilly Latuconsina, InspiraFest2022 Sukses Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:32 WIB
Berkolaborasi dengan MD Co, InspiraFest2022 mengusung tema ‘Build Your First Million Dollar Company’ untuk membantu UKM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya