Selasa 28 Juni 2022, 21:55 WIB

Minyak Gosok Herbal Pulihkan Pegal dan Cegah Serangan Virus

mediaindonesia.com | Humaniora
Minyak Gosok Herbal Pulihkan Pegal dan Cegah Serangan Virus

Ist/Ilustrasi
Ilustrasi bahan-bahan herbal yang berguna untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas.

 

BUMI Nusantara memiliki kekayaan keanekaragaman hayati termasuk jenis flora. Tak sedikit tanaman atau herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan pengobatan.

Kepada media massa, Selasa (28/6), Budi Sutanto, selaku pemilik dan produsen Olium Usada mengatakan," Indonesia merupakan surga tanaman obat."

"Tanaman obat  yang berpotensi dikembangkan untuk menambah nilai industri obat berbahan herbal, misalnya jamu, obat herbal terstandar (OHT), dan Fitofarmaka," jelas Budi.

 Setidaknya ada 30 ribu spesies tumbuhan maupun sumber daya laut. Dari jumlah itu, sekitar 9.600 spesies tanaman dan hewan diketahui memiliki khasiat obat.

“Oleh karena itu, saya mulai mencari literatur bahan herbal, ekstraksi dan pemasok, terutama dari dalam negeri,” paparnya.

Dari bahan-bahan contoh yang dikumpulkan, Budi mulai mencoba membuat minyak gosok sendiri dan menilai efek yang ditimbulkannya.

Komposisi minyak gosok itu antara lain jahe, kapulaga, kunyit, sereh, bawang, cengkeh, minyak kelapa, minyak kayu putih dan 100% bahan herbal lainnya.

Baca juga: Konsumsi Suplemen Herbal di tengah Lonjakan Covid-19

Dia mencoba minyak gosok itu ke dirinya, terutama untuk mengobati kakinya yang kebas karena memakai sepatu setiap hari serta lutut yang kurang enak bila berjalan.

 “Telapak kaki dan jari kaki yang kebas setiap hari saya olesi minyak percobaan tersebut, dan setelah dua bulan, jari kaki mulai terasa kembali dan telapak kaki juga menunjukkan efek yang sama. Persendian lutut juga menunjukkan perbaikan,” paparnya.

Yang menarik, obat gosok itu tidak menimbulkan efek alergi yang selama ini dirasakan jika menggunakan obat gosok yang ada di pasaran.

Itu sebabnya, Budi memutuskan untuk memproduksi minyak tersebut dalam jumlah besar dan melakukan uji coba untuk mengetahui fungsi pengobatan lainnya.

Dari percobaan yang ada, minyak gosok yang diberi nama "Olium Usada" ini bisa membantu meredakan batuk dan flu, membantu membuka pori-pori sehingga mengeluarkan angin di dalam tubuh dan menghangatkan serta menghilangkan kembung.

Selain itu, membantu mengurangi rasa nyeri dan otot kaku, seperti leher yang kaku, pegal linu, sakit pinggang, rematik.

"Olium Usada juga membantu mengatasi masalah kesulitan tidur, sehingga menjaga vitalitas tubuh," jelasnya.

Menurut Budi, pihaknya juga sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sebelum memasarkan secara komersil Olium Usada.

Dari hasil pengujian dan penelitian yang cukup panjang, Olium Usada lolos dari uji bakteri, di mana minyak produksi 3 bulan dan 24 bulan nihil kandungan bakteri E. colli. Produk ini juga lolos uji tekanan tekanan minyak, uji kebersihan dan kemurnian serta pengujian BPOM.

“Semua tes berhasil dilewati sehingga BPOM mengeluarkan izin Edar. Ini memantapkan perusahaan untuk memasarkan Olium Usada kepada masyarakat, yang kami pasarkan dengan dua varian," jelasnya.

" Varian dewasa dengan sensasi panas yang bisa bertahan lama untuk pengobatan dan penyembuhan, serta varian anak yang tidak menimbulkan panas dan bisa difungsikan sebagai minyak urut dan pijat,” ujar Bud.

Budi mengatakan masyarakat bisa memperoleh produk Olium Usada melalui sejumlah marketplace di internet. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

DOK APP Sinar Mas

APP Sinar Mas Perkenalkan Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan

👤Widhoroso 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:34 WIB
DALAM upaya mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan industri pulp dan...
Antara/Asep Fathulrahman.

Produksi Vaksin Lokal PMK Digenjot hingga 30 Juta Dosis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:22 WIB
Pemerintah tengah menggiatkan produksi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dalam negeri berdasarkan stereotipe virus yang beredar di...
Ist

Hadirkan Sandiaga Uno Hingga Prilly Latuconsina, InspiraFest2022 Sukses Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:32 WIB
Berkolaborasi dengan MD Co, InspiraFest2022 mengusung tema ‘Build Your First Million Dollar Company’ untuk membantu UKM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya