Senin 27 Juni 2022, 10:06 WIB

Peminat Melonjak Drastis, Kuota IISMA Tahun 2022 Ditambah

Mediaindonesia.com | Humaniora
Peminat Melonjak Drastis, Kuota IISMA Tahun 2022 Ditambah

Dok IISMA
Ilustrasi

 

Setelah melalui keberhasilannya pada tahun 2021 salah satu program unggulannya dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) telah selesai melaksanakan rangkaian seleksi Program IISMA jalur sarjana yang berlangsung sejak tanggal 12 Maret sampai dengan 11 Mei 2022. Rangkaian seleksi ini meliputi Seleksi Administrasi, Tes Kebhinekaan, dan Seleksi Wawancara. Sebanyak 1.155 mahasiswa dari 107 perguruan tinggi akademik di Indonesia lolos seleksi yang secara resmi diumumkan pada tanggal 12 Mei 2022.

Melalui program ini, mahasiswa Indonesia diberi kesempatan untuk menempuh studi dan pengalaman belajar di 72 perguruan tinggi kelas dunia di 26 negara di kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Penyelenggaraan IISMA jalur sarjana pada tahun ini sendiri memperoleh antusiasme yang luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya. Tercatat, pendaftar program mencapai 7501 mahasiswa dari 253 perguruan tinggi akademik pada tahun 2022, meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di angka 2551 pendaftar. Pendaftar yang membuat akun di platform pendaftaran IISMA jalur sarjana tahun ini mencapai 19.724 akun. Pada tahun 2022, jumlah kuota beasiswa juga bertambah menjadi 1155 kuota dari tahun sebelumnya di angka 1000 kuota.

Program IISMA jalur sarjana tahun 2022 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek RI. Melalui program IISMA jalur sarjana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa. Dalam program ini mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek RI selama 1 (satu) semester yang dapat disetarakan hingga 20 (dua puluh) SKS.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI), Nadiem Anwar Makarim menegaskan bahwa pertukaran mahasiswa yang terbuka dan dinamis ini memberikan bekal bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia global pada hari ini dan pada masa mendatang. Sebagai bagian dari Kampus Merdeka, IISMA mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan sejumlah aspek, diantaranya; kesadaran lintas budaya, toleransi, dan kewarganegaraan global. Hal inilah yang sangat penting dalam mewujudkan masa depan global yang berkelanjutan.

IISMA sebagai program yang pembiayaannya ditanggung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam ekosistem pendidikan berkelas dunia di era globalisasi saat ini. Tidak hanya itu, internasionalisasi ini juga menjadi bentuk penguatan diplomasi Indonesia dengan negara-negara tujuan melalui jalur pendidikan. (OL-12)

Baca Juga

Ist

TryOut.id Laksanakan Latihan Ujian Nasional Online dan Berhadiah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 10:25 WIB
Dengan adanya tryout online ini tentu saja akan lebih memudahkan calon peserta ujian dalam berlatih berbagai macam soal ujian baik...
MI/ROSMERY SIHOMBING

Pariwisata Gunungkidul Layak Jadi Bali Baru

👤Rosmery Sihombing 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 06:57 WIB
Kabupaten Gunungkidul banyak terbantu dengan  pengembangan  jalur jalan lintas selatan (JJLS) atau dikenal dengan...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Kemenko PMK Gandeng SMK Binaan Astra Tingkatkan Kemandirian Pangan dan Perbaikan Lingkungan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:25 WIB
Gerakan Penanaman 10 juta Pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyadari persoalan lingkungan saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya