Minggu 19 Juni 2022, 19:57 WIB

Ditjen Diktiristek Gelar Musyawarah Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama

Widhoroso | Humaniora
Ditjen Diktiristek Gelar Musyawarah Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama

Ist
Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam

 

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggelar Musyawarah Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama (Forwarek), Jumat (17/6) dan Sabtu (18/6). Kegiatan yang dihadiri Dirjen Diktiristek, pejabat eselon II Ditjen Diktiristek, Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat serta perwakilan Forwarek dari berbagai perguruan tinggi negeri tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama perguruan tinggi, baik skala nasional maupun internasional, sekaligus menetapkan kepengurusan Forwarek periode 2022-2024.

Forwarek merupakan forum yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas kerja sama perguruan tinggi dan lulusannya, melalui pengembangan wawasan kapasitas tata kelola kerja sama, serta strategi pengembangan kerja sama perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam merasa bangga dengan kualitas perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini kian dipertimbangkan di kancah dunia. Lima perguruan tinggi Indonesia telah masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik dunia. Sehubungan dengan itu, jumlah dosen di Indonesia saat ini yang begitu besar menunjukkan potensi yang luar biasa untuk terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

"Ini adalah saat yang sangat tepat untuk memperkuat perguruan tinggi kita melalui kolaborasi antar perguruan tinggi atau perguruan tinggi dengan mitra strategisnya. Kita akselerasikan melalui program-program MBKM maupun program Kedaireka. Apabila kita bisa memanfaatkannya dengan terus berkolaborasi, maka akan sangat berdampak pada kemajuan perguruan tinggi di Indonesia," jelas Nizam.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi Universitas Airlangga, Muhammad Miftahussurur terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forwarek Periode 2022-2024. Miftahussurur menyatakan bahwa Forwarek menjadi wadah untuk berkomunikasi, berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar informasi, serta memperluas jejaring kerja sama potensial bagi seluruh wakil rektor bidang kerja sama perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ia berharap Forwarek sebagai forum yang beranggotakan berbagai macam bentuk perguruan tinggi akan dapat berkontribusi dan memberikan dampak melalui kerja sama yang terjalin.

"Mari kita maksimalkan potensi di kampus masing-masing. Kalau minimal satu dosen berkawan dengan dosen atau peneliti lainnya, kemudian kita berinovasi, maka akan muncul kerja sama baru," ujar Miftah .

Melalui forum ini, diharapkan semangat melanjutkan estafet sinergi positif yang dapat memaksimalkan potensi kerja sama perguruan tinggi sehingga mampu memberikan kontribusi kepada seluruh komponen sivitas akademika dan lapisan masyarakat. (RO/OL-15)

Baca Juga

HO

28 Penerima Arigatou Fellowship Ikuti Lokakarya Regional Pendidikan Etika

👤Widhoroso 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:50 WIB
ARIGATOU International menggelar Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, 2-9 Oktober...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Bocah Yatim Piatu Akibat Tragedi Kanjuruhan Bercita-cita Jadi Polisi

👤Widhoroso 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:34 WIB
TRAGEDI Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menelan ratusan korban jiwa menimbulkan kenangan pahit bagi M...
Dok MI

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Arab, Latin, dan Artinya

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:30 WIB
Adzan merupakan seruan untuk melaksanakan sholat wajib lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya