Kamis 16 Juni 2022, 19:05 WIB

Waspadai Polusi Udara yang Dapat Ganggu Kesehatan Paru-Paru

Mediaindonesia.com | Humaniora
Waspadai Polusi Udara yang Dapat Ganggu Kesehatan Paru-Paru

MI/Bary Fathahilah.
Polusi asap kendaraan.

 

PENCEMARAN udara memiliki dampak yang cukup signifikan pada gangguan kesehatan manusia. Gangguan tersebut dapat menimpa ke jantung dan paru-paru bagi masyarakat umum, terutama kelompok sensitif. 

Hal itu pun mudah mengganggu anak-anak, khususnya usia di bawah dua tahun. Hal ini karena anak belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat untuk bisa melawan kuman atau zat berbahaya penyebab penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering menimpa anak-anak yakni infeksi saluran pernapasan, seperti ISPA dan pneumonia.

Penyakit infeksi itu juga berkaitan dengan polusi. Udara kotor mempermudah penyebaran kuman dan virus penyebab infeksi. Selain gangguan pernapasan, anak-anak yang sering terpapar polusi udara juga rentan mengalami gangguan tumbuh kembang dan gangguan belajar.

Oleh karena itu direkomendasikan agar kita tetap menggunakan masker di luar ruangan, menggunakan transportasi umum guna mengurangi polusi udara yang berasal dari gas emisi kendaraan, menutup jendela untuk menghindari udara yang buruk masuk ke paru-paru, hingga mengonsumsi suplemen herbal yang dapat melindungi paru paru dari paparan polusi udara. Salah satu suplemen yang juga menjadi anjuran pemerintah yaitu Herbamuno+ yang diproduksi PT Mustika Ratu dan mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas dukungan perusahaan dalam turut merespons penanganan pandemi covid-19 di Indonesia pada 29 Desember 2021. 

Selain itu, Herbamuno+ direkomendasikan dan mendapatkan pendampingan BPOM dalam uji klinis sebagai adjuvant pengobatan covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet (DKI Jakarta). Bahan-bahan dalam Herbamuno+ dapat membantu melindungi paru-paru dari paparan asap atau gangguan pernapasan. Dalam satu kapsulnya mengandung lima herbal asli Indonesia yang berkhasiat sebagai antinyeri, antiradang, dan antioksidan, membantu meredakan batuk berdahak dan sesak napas sehingga dapat menjaga tubuh dari paparan udara yang buruk. 

Selain itu, suplemen itu berkhasiat sebagai imunomodulator bagi tubuh yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta aman dikonsumsi bagi anak-anak. Herbamuno+ juga tersedia secara offline dan seluruh platform marketplace official Mustika Ratu. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara/Hasan Sakri Ghozali

15 Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Singkat dalam Bahasa Inggris

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:00 WIB
Dengan hari Tahun Baru, kita juga bisa semakin mendekatkan diri dengan kerabat dan juga...
Anggota TNI melihat jalur aliran lahar dan Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022).

Pakar Gunung Api Pertanyakan Sistem Peringatan Dini Saat Erupsi Semeru

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:45 WIB
Sistem peringatan dini sebaiknya dikeluarkan sedini mungkin sebelum erupsi terjadi sampai ke masyarakat, sehingga proses evakuasi lebih...
Ist

Rayakan Malam Tahun Baru, Bigland Hotel Bogor Gelar Carnival Land

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:03 WIB
BIgland Hotel Bogor kembali menyajikan perayaan meriah untuk seluruh tamu pada malam tahun baru, dengan memberikan penampilan yang seru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya