Kamis 16 Juni 2022, 14:31 WIB

Cara Memilih Minyak Goreng yang Sehat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Cara Memilih Minyak Goreng yang Sehat

MI/Kristiadi.
Minyak goreng.

 

SEBAGAI negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor minyak goreng terbesar di dunia. Karena produksi sawit yang melimpah itu, beragam produk dan merek minyak goreng kemasan produksi Indonesia pun dapat kita temui banyak beredar di pasar. 

Namun, kadang membuat kita bingung memilih yang berkualitas dengan harga beragam. Kadang kemasan mahal, belum tentu berisi minyak goreng yang berkualitas. Lantas, bagaimana cara memilih minyak goreng yang berkualitas?

Mengutip dari penjelasan ahli gizi Prof Dr Ir Sri Anna Marliyati MSi dari Departemen Ilmu Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor di portal Youtube IPB TV, setidaknya ada tiga pertimbangan penting yang bisa digunakan konsumen dalam memilih minyak goreng berkualitas. Pertama, perhatikanlah warna minyak goreng dalam kemasan itu. Minyak goreng yang baik biasanya berwarna kuning keemasan dan jernih. Warna kuning keemasan itu merupakan indikator kandungan beta carotene (pro Vitamin A) alami yang baik di dalam minyak goreng sawit. 

Kedua, perhatikan komposisi kandungan gizi yang tercantum di dalam label kemasan. Sekarang sudah banyak minyak goreng sawit yang ditambahkan fortifikasi vitamin A sintesis. Fortifikasi ini bertujuan memperkaya kandungan vitamin A. 

Ketiga, proses penyaringan. Penyaringan dalam proses produksi minyak goreng kelapa sawit bertujuan agar minyak tidak tampak keruh dan mudah mengendap. Penyaringan ini bertujuan mengurangi kandungan lemak jenuh pada minyak goreng. 

Terlalu banyak kandungan lemak jenuh tidak baik bagi tubuh, karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Perlu diperhatikan juga penggunaan minyak goreng yang berkali-kali sehingga minyak goreng berwarna keruh tidaklah disarankan karena kemungkinan mengandung senyawa bersifat karsinogenik yang memicu sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: Stres Ternyata Hambat Proses Penurunan Berat Badan 

Terkait hal itu, Head of Marketing Sinarmas Consumer Product, Merliana, memaparkan minyak goreng Kunci Mas memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan kompetitornya yaitu proses tiga kali penyaringan. Karenanya, produk minyak goreng produksi Sinar Mas Agribusiness and Food tersebut merupakan minyak goreng bermutu tinggi yang memang diformulasikan khusus untuk membuat hidangan gorengan lebih sempurna.

"Kunci Mas memang kuncinya menggoreng sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga terutama yang sering menyajikan menu yang digoreng untuk keluarga," ujar Merliana. Sebagai minyak goreng berkualitas premium yang menyasar pada kalangan menengah atas, Kunci Mas tersedia dalam tiga model kemasan, yakni kemasan plastik (pouch), botol, dan jeriken 5 liter. (RO/OL-14)

Baca Juga

Dok YKAN

Misi Lestarikan dan Edukasi Ekosistem Laut lewat Lari

👤Adriani Miming 🕔Kamis 29 September 2022, 15:50 WIB
Misi melestarikan alam utamanya ekosistem laut dan pesisir sejatinya diemban setiap insan Indonesia, yang bisa dilakukan...
Ist

Generasi Muda Diajak Hidup Sehat dan Peduli Lingkungan

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 29 September 2022, 15:49 WIB
Melalui Indonesia Millenial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang dihadiri lebih dari 6.000 pengunjung (offline), generasi milenial...
ANTARA/Jojon

Jokowi Berhasil Wujudkan Transparansi Informasi Lewat Transformasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 15:46 WIB
Pemerintah Jokowi telah banyak membuka ruang-ruang informasi. Semua diberikan secara jelas dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya