Minggu 12 Juni 2022, 17:37 WIB

Festival Film Pendek FSM Diharapkan Hidupkan Ekosistem Perfilman

mediaindonesia.com | Humaniora
Festival Film Pendek FSM Diharapkan Hidupkan Ekosistem Perfilman

Ist
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kedua dari kanan) mengatakan Family Sunday Movie (FSM) bisa menjadi wadah kreatif para sineas muda.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengingatkan para sineas yang ingin berkompetisi di festival film pendek Family Sunday Movie (FSM) periode Juni 2022 agar segera mendaftarkan karyanya. 

Pasalnya, hari ini atau Minggu (12/6) merupakan hari terakhir pendaftaran festival film pendek Family Sunday Movie.

Adapun, cara pendaftaran film pendek dalam festival tersebut, yaitu dengan mengunjungi website www.familysundaymovie.com dan pilih tombol Daftarkan Film atau di halaman Pendaftaran Film.

Sementara itu, bagi yang sudah mendaftar, namun belum tertib administrasi, diimbau untuk segera melengkapi syarat dan ketentuan panitia supaya bisa lolos kurasi.

Baca juga: Anies Resmikan Jakarta Film Week 2021

“Buat para sineas di seluruh Indonesia, ditunggu partisipasinya di FSM periode Juni, pendaftaran masih dibuka sampai 12 Juni pukul 23.59 WIB dan buat yang sudah submit, jangan lupa segera melengkapi kekurangan administrasi supaya film kalian lolos kurasi”, imbau Sandiaga, Minggu (12/6).

Sandiaga memaparkan ada yang istimewa di FSM periode Juni, yaitu kolaborasi dengan Lake Toba Film Festival.

Kolaborasi dua festival ini menjadi salah satu strategi dalam upaya menghidupkan ekosistem perfilman. 

Dari kolaborasi ini juga diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Ini adalah realisasi dari visi misi FSM yang ingin menjadi wadah bagi para sineas muda untuk memperluas jaringan, mendistribusikan karya, dan mendapatkan apresiasi," ujar Sandiaga. 

Tak hanya itu, FSM juga berkolaborasi dengan Indonesian Film Community Network (IFCN) membuat paguyuban virtual 'SIARAN' (Sineas Tukar Pikiran). 

Forum ini menjadi tempat berkumpulnya para sineas muda untuk bertukar pikiran, informasi, berbagi pengalaman, dan belajar bersama. 

Forum diskusi yang baru saja digelar pada 10 Juni 2022 lalu, mengangkat topik obrolan “Cara Produksi Gerilya Film” dan diikuti oleh sineas dari berbagai komunitas.

"Selain menjadi ajang silaturahmi, paguyuban virtual ini diharapkan bisa memotivasi para sineas muda untuk berkarya, menambah wawasan, dan semakin kreatif," tambah Sandiaga. 

Sandiaga juga optimistis berbagai rangkaian kegiatan FSM ini menjadi pemicu semangat dan semakin meningkatkan eksistensi para sineas muda. 

“Selamat berkompetisi, jangan takut gagal karena Mahakarya akan selalu menemukan jalannya," pesan Sandiaga Uno. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ Ramdani

IDI: Penentuan Status Endemi Jangan Terburu-buru

👤Ant 🕔Senin 26 September 2022, 22:29 WIB
Menurut Adib, terdapat sejumlah indikator yang harus menjadi dasar untuk dipenuhi menjadi...
DOK Youtube.

Para Ulama Sepakat Roh itu Makhluk atau Diciptakan Allah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:04 WIB
Sejumlah orang berpendapat bahwa ruh atau roh dalam bahasa Indonesia bukanlah makhluk atau yang diciptakan. Pendapat tersebut dibantah...
Antara

17.097 Orang Divaksin Kedua Hari Ini

👤MGN 🕔Senin 26 September 2022, 21:58 WIB
Total 171.094.922 orang telah menerima vaksin lengkap per Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya