Selasa 07 Juni 2022, 20:23 WIB

Wow, Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2021

Miskah Syifa P | Humaniora
Wow, Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2021

AFP/PAUL FAITH
Ilustrasi: Suasana malam di Irlandia, salah satu negara terkaya tahun 2021

 

SETIAP negara memiliki kekayaan sumber daya mineral yang lalu dikelola oleh manusia. Namun, ada yang benar dalam proses pengelolaannya hingga mendapatkan nilai tambah, ada juga yang hanya mengolah seadanya. Padahal pertumbuhan ekonomi suatu negara dinilai dari total produksi dan jasa yang dihasilkan semua orang.

Global Finance merilis daftar negara yang masuk dalam kriteria paling kaya di dunia adalah yang memiliki angka Produk Domestik Bruto (PDB) disandingkan dengan Purchasing Power Parity (PPP) dengan nilai cukup tinggi.

Baca juga: Orang Terkaya di Britania Raya Siap Beli Chelsea

PDB adalah indikator nilai ekonomi sebuah wilayah, berisi gabungan dari barang dan jasa yang diproduksi di wilayah itu. Semakin tinggi rerata PDB/populasi di sebuah negara, bisa dikatakan negara itu semakin sejahtera.

Dalam membandingkan nilai kekayaan warga antarnegara, digunakan metrik perhitungan yakni Purchasing Power Parity (PPP). PPP akan menempatkan sekelompok barang, lalu membandingkanya dengan berapa dana yang diperlukan warga di setiap negara (berdasarkan kurs masing-masing) untuk membeli produk. Artinya, semakin tinggi nilai PDB/kapita dalam perhitungan metrik PPP, semakin kaya pula warga di negara tersebut.

Yuk, Intip 10 daftar negara terkaya di tahun 2021 berdasarkan data Global Finance:

1. Luksemburg

Luksemburg ditetapkan sebagai negara terkaya di dunia pada 2021 yang dinilai berdasarkan produk domestik bruto (PDB) atas dasar paritas daya beli atau purchasing Power Parity (PPP) per kapita negara ini sebesar US$ 118.001 atau setara Rp1,69 miliar (hitungan kurs Rp14.320). Selain itu, Luksemburg juga merupakan salah satu negara yang tidak terlalu terpengaruh pandemi covid-19.

2. Irlandia

Irlandia merupakan negara terkaya kedua di dunia dengan PDB per kapita sebesar US$111.360 atau sekitar Rp1,6 miliar. Menurut International Monetary Fund (IMF), Irlandia mempunyai pertumbuhan PDB yang mencengangkan pada 2021 dengan kenaikan dua kali lipat dari pertumbuhannya pada 2020. Sebagai negara yang memiliki lima juta penduduk, Irlandia adalah salah satu negara dengan surga pajak perusahaan terbesar di dunia.

3. Singapura

Singapura merupakan negara ketiga terkaya di dunia dengan PDB per kapita sebesar US$107.677 atau sekitar Rp1,5 miliar. Negara ini adalah surga fiskal yang makmur. Keuntungan modal dan dividen bebas pajak. Saat ini, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat. Walaupun negara tersebut hampir tidak memiliki sumber daya alam yang dimiliki.

4. Qatar

Qatar merupakan negara keempat terkaya di dunia dengan PDB US$100.037 atau sekitar Rp1,4 miliar. Dengan cadangan minyak, gas dan petrokimia yang besar serta populasinya hanya 2,8 juta orang, Qatar dapat berada di puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun berturut-turut. Namun, warga asli Qatar yang tinggal di negara tersebut hanya berjumlah 12%.

5. Swiss

Swiss adalah negara kelima terkaya di dunia dengan PDB US$78.112 atau sekitar Rp1,1 miliar. Namun hari ini, negara berpenduduk sekitar 8,6 juta ini berutang banyak kekayaannya kepada perbankan, layanan asuransi, pariwisata, serta ekspor seperti produk farmasi, permata dan logam mulia, instrumen dan mesin presisi (dari jam tangan, hingga peralatan medis, dan komputer). Menurut Laporan Kekayaan Global terbaru oleh Credit Suisse, 14,9% populasi orang dewasa Swiss memiliki aset senilai lebih dari satu juta dollar AS.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara keenam terkaya di dunia dengan PDB US$74.245 atau sekitar Rp1,06 miliar. Dulu warga UEA bekerja dalam bidang pertanian, perikanan, dan perdagangan mutiara. Namun semua itu berubah ketika ditemukan kandungan minyak pada 1950-an. Saat ini, penduduknya yang sangat kosmopolitan menikmati kekayaan yang cukup besar. Pekerja datang dari seluruh dunia terpikat oleh gaji bebas pajak dan sinar matahari sepanjang tahun, sampai-sampai hanya sekitar 20% penduduknya yang tinggal di UEA.

7. Norwegia

Norwegia adalah negara ketujuh terkaya di dunia dengan PDB US$69.859 atau sekitar Rp1 miliar lebih. Sebagai produsen minyak bumi utama Eropa barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga minyak. Tidak seperti banyak negara kaya lainnya, angka PDB per kapita yang tinggi benar-benar mencerminkan kesejahteraan finansial masyarakat karena Norwegia memiliki kesenjangan/ketimpangan pendapatan terendah di dunia.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara kedelapan terkaya di dunia dengan PDB US$69.375 atau sekitar Rp994 juta. AS merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang memilki luas wilayah yang besar, karena mayoritas negara kaya memiliki luas wilayah yang kecil. Jika Anda orang Amerika dan penghasilan Anda hanya sebagian kecil dari rata-rata PDB per kapita, wajar untuk berargumen bahwa orang lain mungkin sedang menyantap makan siang Anda.

9. Makau

Makau adalah negara terkaya kesembilan di dunia dengan PDB US$67.475 atau sekitar Rp967 juta. Banyak orang memprediksi negara yang dijuluki dengan Las Vegas Asia tersebut sedang dalam perjalanan menjadi negara terkaya di dunia. Sebaliknya, saat covid-19 melanda, perjalanan Makau sempat terhenti dan keluar dari peringkat 10 besar IMF.

Dengan populasi lebih dari 600.000 orang dan terdapat lebih dari 40 kasino tersebar di wilayah sekitar 30 kilometer persegi menjadikannya sebagai mesin penghasil uang di semenanjung sempit di selatan Hong Kong.

10. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara terkaya kesepuluh di dunia dengan PDB US$65.675 atau sekitar Rp941 juta. Naik turunnya perekonomian di Brunei sangat dipengaruhi oleh harga minyak. Brunei dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang kekayaannya berasal dari cadangan minyak dan gas yang sangat besar. Kekayaan Sultan Brunei diperkirakan 50 kali lipat kekayaan Ratu Elizabeth dari Inggris.(OL-5)

Baca Juga

Medcom/Mohammad Rizal

Tempat dan Pakaian bukan Penyebab Kekerasan Seksual

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 10:45 WIB
Orang yang tidak memiliki moralitas atau mungkin kecil sekali, perilaku seksualnya bisa menjadi tidak...
Ist/SGU

SGU Gandeng Tangerang Hawks dan Persita dalam Tingkatkan Kompetensi Akademik Atlet

👤Naufal Zuhdi 🕔Jumat 30 September 2022, 10:26 WIB
Swiss German University (SGU) menjalin kerja sama dengan klub basket dan sepak bola dalam bentuk pemberian beasiswa kepada para...
Pexels

Anak yang Terpapar Gula Terlalu Dini Semakin Berisiko Alami Gangguan Kesehatan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 10:15 WIB
Efek samping yang bisa dialami anak yang terpapar gula tambahan sejak dini meliputi gangguan metabolisme hingga kecanduan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya