Selasa 07 Juni 2022, 17:36 WIB

Jokowi Sampaikan Rencana Pembangunan Indonesian House ke Menlu Saudi

Andhika Prasetyo | Humaniora
Jokowi Sampaikan Rencana Pembangunan Indonesian House ke Menlu Saudi

Dok. akun IG @jokowi
Presiden Jokowi menerima kunjungan dari Menlu Arab Saudi di Istana Negara.

 

PRESIDEN Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu hal yang disampaikan Kepala Negara adalah rencana Indonesia untuk membangun Indonesian House di Makkah.

Keberadaan bangunan tersebut bertujuan memberikan dukungan yang maksimal kepada para jemaah umrah dan haji asal Indonesia di Arab Saudi.

Baca juga: Saudi Cabut Larangan Warganya ke RI, Menlu: Kita Apresiasi

"Kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari Saudi. Pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di sana," ujar Menlu RI Retno Marsudi yang turut dalam pertemuan, Selasa (7/6).

Selain itu, Jokowi, sapaan akrabnya, juga mengucapkan terima kasih atas keputusan otoritas Arab Saudi, yang mencabut larangan bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

Pencabutan larangan itu merupakan buah dari proses pembicaraan yang sudah lama antara kedua negara. Khususnya, tentang data mengenai kondisi pandemi covid-19 di Indonesia.

"PBB sudah memberikan apresiasi terhadap Indonesia dalam mengelola pandemi. Kemarin kita tahu juga Perdana Menteri Australia memberikan apresiasi yang sama," jelas Retno.

Baca: Bertemu Menlu Arab Saudi, Presiden Minta Kuota Haji Indonesia Ditingkatkan

"Sekali lagi kita sambut baik keputusan otoritas Saudi, yang mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia. Kita harapkan ini berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan bisnis," sambungnya.

Terakhir, Presiden membahas aspek ekonomi dan menyampaikan harapan agar berbagai rencana kerja sama dapat diimplementasikan secara konkret. Terutama di bidang transisi energi.

"Dalam pembicaraan tadi, Menlu Arab Saudi menyampaikan pesan dari raja dan dari putra mahkota, bahwa Indonesia salah satu priotitas paling tinggi bagi mereka, untuk melakukan kerja sama ekonomi," pungkas Retno.

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi turut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Adapun, Pangeran Faisal ditemani Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Esam Abid Althagafi.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Makna Zaezar

319 Ribu Formasi Tersedia untuk Seleksi ASN PPPK Guru di Oktober 2022

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 30 September 2022, 07:20 WIB
Mekanisme seleksi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, pemerintah akan menggunakan mekanisme tertutup dan...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Pengawasan Semua Pihak Diperlukan untuk Pengolahan Tanggap Darurat Bencana

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 30 September 2022, 07:15 WIB
Perbaikan terus dilakukan mulai dari regulasi, kelembagaan, perencanaan pendanaan, peningkatan kapasitas, dan penyelenggaraan pengelolaan...
ANTARA/Fauzan

Menkes Sebut Stok Vaksin Covid-19 Masih Tersedia 5 Juta Dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:45 WIB
Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis, kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya