Senin 30 Mei 2022, 11:00 WIB

Rekomendasi Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi

mediaindonesia.com | Humaniora
Rekomendasi Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
: Sejumlah pengunjung berwisata di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng,

 

JAWA Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia, letaknya berada di tengah-tengah Pulau Jawa. Terkenal dengan budaya dan tradisinya yang sangat khas dan kental, keberagaman pariwisata di Jawa Tengah juga kerap menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.
 
Jawa Tengah menawarkan berbagai destinasi wisata yang sangat beragam. Jawa Tengah memiliki keberagaman pariwisata yang identik dengan peradaban Jawa, seperti wisata budaya, wisata bersejarah khas Jawa, seni musik dan tarian tradisional, kerajinan tangan, dan yang lainnya.

Pernahkah Anda mengunjungi destinasi wisata di Jawa Tengah? Jika belum, Anda mungkin bisa merencanakan liburan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah.

Liburan akan lebih mudah dan praktis dengan aplikasi Traveloka.

Traveloka mempermudah Anda untuk mempersiapkan segala akomodasi melalui pemesanan online, seperti tiket pesawat, reservasi hotel, sewa travel dan masih banyak lagi. Tersedia juga promo hotel untuk Anda dan nikmati segala keuntungan liburan dengan aplikasi Traveloka.
 
Berikut ini adalah rekomendasi destinasi wisata di Jawa Tengah. Simak selengkapnya!

Candi Borobudur

FOTO ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Menjadi destinasi wisata yang memiliki sejarah dan budaya yang kental dengan Buddha, Candi Borobudur ini juga menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tak heran jika wisatawan tertarik untuk berkunjung, bahkan turis mancanegara juga ikut berkunjung dan mengeksplorasi sejarah di Candi Borobudur. 

Candi Borobudur menjadi candi yang memiliki relief terbanyak di dunia karena sesuai dengan faktanya bahwa banyak sekali ukiran di dinding candi yang terlihat artistik dan tentunya memiliki sejarah tertentu. Selain melihat kemegahan Candi Borobudur yang sangat unik dan artistik, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam sekitar yang bisa dilihat dari ketinggian.

Taman Nasional Karimunjawa

Foro: MI/Rommy Pujianto

Di sebelah utara Pulau Jawa, terdapat tempat wisata sekaligus cagar alam laut yang dilindungi, yaitu Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa memiliki keindahan alam yang beraneka ragam. Tempat wisata yang satu ini juga dikenal dengan surga bawah lautnya. 

Tak heran jika tempat ini seringkali dikunjungi oleh turis lokal hingga mancanegara. Selain menjadi tempat wisata, Taman Nasional Karimunjawa juga menjadi sebuah rumah bagi berbagai satwa liar yang bisa Anda lihat secara langsung. Beberapa aktivitas yang mengasyikan dapat Anda lakukan di tempat tersebut, seperti memancing, berenang, bermain pasir, snorkeling bahkan menyelam. Untuk Anda yang berencana liburan mengajak keluarga, tempat ini adalah pilihan yang tepat dan wajib untuk Anda kunjungi.
 
Lawang Sewu

FOTO: MI/Agus Utantoro

Pernahkah Anda mendengar tempat bersejarah bernama Lawang Sewu? Tempat ini dikenal sebagai tempat yang berhantu dan memiliki aura mistis. Seringkali didatangi di malam hari oleh para wisatawan yang penasaran dengan hal-hal yang mistis. Di sisi lain, Lawang Sewu ini adalah tempat wisata yang memiliki segudang sejarah. 

Dari luar, bangunannya terlihat sangat estetik dan ikonik, ternyata dulunya Lawang Sewu ini adalah kantor pusat perkeretaapian di Semarang. Anda akan mempelajari banyak hal di sana melalui miniatur dan foto lama yang dipajang. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki banyak sekali pintu.
 
Kota Lama Semarang

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang, selain mengunjungi Lawang Sewu Anda juga bisa berkunjung ke Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang dulunya adalah kawasan pemerintahan kolonial. Bangunan-bangunan di Kota Lama terlihat menarik dan sangat estetik karena masih memiliki ciri khas zaman dahulu. 

Sesuai dengan namanya Kota Lama, bangunan di sana memang memiliki ciri khas gaya arsitektur Eropa. Beberapa bangunan menarik yang bisa Anda lihat dan dijadikan sebagai latar tempat Anda berfoto adalah Gereja Blenduk, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Monod Diephuis, Gedung Spiegel, dan masih banyak yang lainnya.
 
The Lawu Park

ANTARAFOTO/Maulana Surya

Berlokasi di daerah Tawangmangu, destinasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan lereng Gunung Lawu yang tampak indah dan menenangkan. The Lawu Park adalah salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Pemandangan alam dan hawa sejuk di tempat ini menjadikan hal tersebut daya tarik utama di kawasan ini. 

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di The Lawu Park ini, seperti bermain snow jungle, dimana Anda akan dihadirkan salju buatan dan bermain sepuasnya. Selain itu ada outbond, flying fox, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk Anda yang hobi berfoto, Anda bisa berfoto sepuasnya di berbagai spot instagramable di The Lawu Park.
 
Tertarik untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai destinasi wisata berlibur Anda? Anda bisa persiapkan akomodasi dari sekarang lewat Traveloka saja. Untuk Anda yang kangen liburan lagi, wujudkan liburan Anda dengan Traveloka EPIC Sale - Buat yang Kangen Lihat Dunia Lagi! Wujudin dengan Diskon s.d. 80% untuk Hotel dan Holiday Stays mulai 31 Mei - 6 Juni 2022.

Baca Juga

Antara

Menteri PAN-RB Sebut Program Penurunan Kemiskinan belum Optimal

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 29 Januari 2023, 18:47 WIB
Padahal, arahan Presiden Jokowi sudah jelas, bahwa di tengah tantangan fiskal, instansi termasuk di daerah harus cermat membelanjakan...
ANTARA /Adwit B Pramono

Kepala BNPB Minta Pemda Sulut Koordinasi Dengan BMKG Untuk Monitoring Cuaca

👤 Naufal Zuhdi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:50 WIB
Apabila cuaca berpotensi buruk dan dapat memicu terjadinya bencana banjir dan longsor, maka direkomendasikan agar TMC segera dilakukan di...
MI/ Dwi Apriani

Stunting Akibat Kemiskinan Masih jadi Tugas Berat Pemerintah

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:45 WIB
Kemiskinan dan stunting seperti dua sisi mata uang, jika angka kemiskinan tinggi tentu stunting juga akan ikut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya