Minggu 29 Mei 2022, 16:05 WIB

Rangkaian HLUN 2022, Kemensos Serahkan Alat Bantu Bagi Lansia di Kecamatan Puspahiang

mediaindonesia.com | Humaniora
 

RANGKAIAN peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022 mulai dilaksanakan, salah satunya di Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya. Penyerahan alat bantu bagi lansia menjadi pembuka rangkaian HLUN 2022.

Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Budi Perkasa Palembang menyerahkan alat bantu kursi roda bagi Bana, 70. Lansia ini mengalami sakit pinggang dan tidak bisa berjalan karena jatuh pada saat naik kendaraan umum. 

Sebelum mendapatkan kursi roda, Bana berjalan hanya menggunakan dua tangan dan kaki lurus ke depan. Kondisi ini sudah berjalan sejak 5 tahun silam.

Baca Juga: Jelang Puncak Peringatan HLUN 2022, Elemen Masyarakat Tasikmalaya Bahu Membahu Lakukan Persiapan

Penyerahan bantuan dilakukan di kediaman Bana di Kampung Padaluyu, Desa Puspahiang, Kecamatan Puspahiang pada Sabtu (28/5). Bantuan diserahkan oleh Camat Puspahiang, Ari Fitriadi.

Selain Bana, lansia lain yang diberikan bantuan kursi roda yaitu Kodir, 86. Kodir mengalami lumpuh sejak 2 tahun lalu karena stroke. Aktivitasnya harus selalu dibantu orang lain. 

Ari Fitriadi juga menyerahkan bantuan kursi roda dari Kemensos di kediaman Kodir di Kampung Gandok, Desa Puspahiang, Kecamatan Puspahiang pada Sabtu (28/5). Bantuan ini langsung diterima dan digunakan oleh Kodir.

"Dengan peringatan ini kita menggugah masyarakat, karena urusan lansia ini urusan keluarga. Lansia harus dijaga keluarga terdekat. Semoga contoh dari pemerintah ini bisa jadi teladan bahwa kita punya tanggung jawab mengurus lansia sebagai orangtua. Ini bakti kita kepada orangtua", jelas Ari kepada awak media.

Sebagai informasi, puncak peringatan HLUN Ke 26 Tahun 2022 dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya. Lokasi ini dipilih karena berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022, jumlah lansia di Kabupaten Tasikmalaya yaitu 28.950 lansia, terbanyak se-Indonesia.

Dalam Peringatan HLUN ke 26 Tahun 2022, Kementerian Sosial menyerahkan bantuan serentak di 39 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan ATENSI, PKH dan Sembako bagi lansia tunggal, penyerahan alat bantu bagi lansia serta bantuan sandang nutrisi dan obat-obatan.

Kemensos juga memfasilitasi renovasi bagi rumah lansia yang tidak layak huni, operasi katarak gratis, perekaman e-KTP dan kegiatan donor darah. (RO/OL-10)
 

Baca Juga

Ist

Mabes Polri Gelar Wayang Kulit Semar Mbangun Kahyangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 12:12 WIB
Mabes Polri menggelar kegiatan pagelaran wayang kulit bertajuk 'Semar Mbangun Kahyangan' di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan,...
ANTARA/Moch Asim

Tim Mahasiswa ITS Raih Juara Umum IRC 2022 di Florida AS

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 11:10 WIB
Penghargaan yang telah diraih dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan...
Ist

Deforestasi Karena Kelapa Sawit Jauh Lebih Kecil daripada Komoditas Lain

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 11:06 WIB
Satelligence sudah memetakan tren deforestasi yang terkait dengan ekspansi perkebunan kelapa sawit dengan cara mengombinasikan kecanggihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya