Kamis 26 Mei 2022, 16:51 WIB

Penambahan Kasus Covid-19 Terbanyak Terjadi di DKI Jakarta

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penambahan Kasus Covid-19 Terbanyak Terjadi di DKI Jakarta

MI/BARRYFATHAHILLAH
Kasus positif covid-19 di Jakarta tembus hingga 7.050 kasus pada Jumat (29/5).

 

DATA Kementerian Kesehatan hingga Kamis (26/5) menyebutkan penambahan kasus harian positif COVID-19 terbanyak terjadi di DKI Jakarta, yakni sebanyak 124 kasus.

Selanjutnya, Jawa Barat dengan 29 kasus dan Banten dengan 26 kasus. Total keseluruhan penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 246 kasus.

Baca juga: Kemenag: Bus Berstiker Hindari Jemaah Haji Tersesat

Sementara jumlah kasus sembuh paling banyak terjadi di DKI Jakarta, yakni 84 kasus, diikuti Banten 39 kasus dan Jawa Tengah 25 kasus. Jumlah keseluruhan kasus sembuh di Tanah Air sebanyak 243 kasus.

Untuk kasus meninggal, penambahan kasus terjadi di Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Timur dengan masing-masing satu kasus. Jumlah provinsi yang tidak memiliki penambahan kasus Covid-19 terjadi di 12 provinsi dan kasus yang kurang dari 10 kasus berada di 28 provinsi.

Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 57.903 spesimen. Total kasus aktif sebanyak 3.011 kasus.

Sebelumnya, epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menekankan pemberian vaksinasi dosis ketiga (penguat) dapat membantu mencegah terjadinya potensi long COVID saat negara bersiap memasuki masa endemi.

“Sebuah riset membuktikan bahwa dosis ketiga juga mengurangi secara signifikan potensi long COVID kalau terpapar dan dampaknya macam-macam. Itu yang merugikan kita dan vaksin membantu kita mengendalikan wabah ini,” kata Dicky.

Dicky menuturkan peranan dari vaksinasi penguat di seluruh negara, utamanya pada masa gelombang Omicron yang cenderung lebih mudah menular menjadi sangat efektif untuk melindungi diri dari penularan virus. (Ant/OL-6)

Baca Juga

Medcom.id

Percepat Penanganan PMK, Kemendikbud-Ristek Mobilisasi Kampus Hingga ke Daerah

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:05 WIB
Kemendikbud-Ristek tengah memobilisasi perguruan tinggi di Tanah Air untuk mempercepat penanganan penyakit mulut dan kuku...
ANTARA/Ardiansyah

Hari Keluarga Nasional, BKKBN Beri NIB untuk Keluarga Akseptor KB

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:02 WIB
"Adanya NIB ini merupakan jaminan dari UPPKA kita. Ini legalitas mereka terjamin jadi ada kepastian hukum untuk mereka...
Dok. ITB

Perlindungan Hak

👤M-1 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:35 WIB
Adanya museum yang bersifat inklusif bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu bentuk perwujudan dari CRPD yang dicanangkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya