Kamis 19 Mei 2022, 15:02 WIB

Respons Pelonggaran Masker, Pengamat: Puan Peduli Kesehatan Warga

mediaindonesia.com | Humaniora
Respons Pelonggaran Masker, Pengamat: Puan Peduli Kesehatan Warga

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kebijakan pelonggaran penggunaan masker tidak ditanggapi dengan euforia berlebihan.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani dinilai miliki kepedulian pada kesehatan publik Indonesia. Ini terlihat pada dirinya merespons kebijakan pelonggaran penggunaan masker.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Aliansi Masyarakat Sehat Indonesia (AMSI), Andika Indra Purwanto. Dia menyatakan sikap Puan cerminkan sikap positif. Ini karena dia ingin masyarakat tetap waspada dan tak bersikap euforia atas situasi ini.

"Sikap Puan saya pandang cerminkan kepeduliannya pada masyarakat. Pelonggaran penggunaan masker jangan sampai membuat kasus covid-19 kembali meningkat," jelasnya melalui keterangan tertulis, Kamis (19/5).

Andika menyebut Puan sadar jika pelonggaran penggunaan masker sebagai respon pemerintah atas situasi wabah yang terkendali. Namun, kebijakan ini jangan sampai membuat terlena. Jika sampai terlena ini akan membuat wabah kembali meningkat.

Baca juga: Jokowi Izinkan Lepas Masker, Menhub: Pacu Kebangkitan Sektor Transportasi

"Sikap Puan ini sudah benar dan memang tepat secara komunikasi. Puan saya lihat tak ingin masyarakat nantinya terkena kembali wabah ini di kemudian hari," jelasnya.

Di sisi lain, Indra menyarankan masyarakat mesti menjaga kesehatan. Pasca-wabah mereda, bukan berarti ancaman covid-19 menjadi tidak ada.

Dengan menjaga kesehatan, kata dia, otomatis imunitas akan meningkat. Hal ini dapat menjadi pencegah paling ampuh agar tak terkena covid-19.

Sebagai informasi, Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat agar tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Meski, kata Puan, saat ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan lepas masker di ruang terbuka.

Puan juga berharap kebijakan pelonggaran penggunaan masker tidak ditanggapi dengan euforia berlebihan, sehingga masyarakat mengabaikan prokes.

Menurut Puan, prokes tidak saja untuk mencegah Covid-19, tetapi juga penyakit lainnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

BKKBN, Kemendagri, dan Tanoto Foundation Bekerja Sama Percepat Penurunan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:45 WIB
Menurut berbagai penelitian, anak yang mengalami stunting berpeluang mendapatkan penghasilan 20% lebih rendah dari anak yang tidak...
MI/Susanto

Menag Sebut Keberhasilan Pelayanan Haji buah Kerja Bersama

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:40 WIB
Amirul Hajj berpesan kepada seluruh petugas haji agar menjaga semangat dan kekompakan dalam melayani jamaah hingga penyelenggaraan...
Ist/Universitas Trisakti

Kunjungan ke Prancis, Universitas Trisakti Perkuat Kerja Sama Riset dan Kewirausahaan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:23 WIB
Universitas Trisakti menjadi delegasi dalam 12th Joint Working Group (JWG) on Higher Education, Research, Innovation and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya