Rabu 18 Mei 2022, 14:21 WIB

Bertolak ke Saudi, Menag Pastikan Kesiapan Layanan Jemaah Haji

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Bertolak ke Saudi, Menag Pastikan Kesiapan Layanan Jemaah Haji

Antara
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi VIII DPR.

 

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi pada Rabu (18/5) dini hari. Keberangkatannya kali ini untuk memastikan kesiapan layanan untuk jemaah haji asal Indonesia.

"Dini hari ini, saya berangkat ke Arab Saudi. Ini pemberangkatan jemaah haji kali pertama, setelah tertunda dua tahun karena pandemi covid-19. Saya ingin memastikan seluruh layanan sudah siap," ujar Yaqut, Banten, Rabu (18/5)

Kepergian Yaqut turut didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, serta staf khusus dan tenaga ahli. 

Baca juga: Ini Bentuk Layanan yang Didapat Jemaah Haji Tahun Ini

"Kita akan cek kesiapan layanan katering, transportasi, akomodasi, layanan kesehatan dan lainnya. Intinya, jemaah haji harus terlayani sebaik mungkin," imbuhnya.

Menurut dia, penting untuk memastikan bahwa petugas dapat melayani jemaah haji dengan baik. Pihaknya meminta tiga aspek penyelenggaraan haji, yaitu pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah, harus dipegang teguh. 

Baca juga: Jumlah Kuota Haji Reguler dan Khusus Ditentukan Arab Saudi

"Jangan kecewakan jemaah. Jadikan ibadah haji tahun ini sebagai pengalaman terbaik mereka. Jadikan diri kita sebagai supporting system untuk melayani dan membantu para jemaah haji," jelas Yaqut.

Dirjen PHU Hilman Latief mengatakan proses pengadaan layanan di Arab Saudi berlangsung dalam dua bulan terakhir. Tim Kementerian Agama telah menyelesaikan seluruh proses hingga tahap kontrak kerja sama.

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 100.051 jemaah. Jumlah itu terdiri dari 92.825 kuota jemaah haji reguler dan 7.226 kuota jemaah haji khusus.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Susanto

Jelang Haji Akbar, Ini Imbauan untuk Jemaah Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:09 WIB
Seperti, jemaah haji perlu memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jemaah dapat sampai di Arafah sesuai...
Antara

Update 6 Juli: Kasus Covid-19 Bertambah 2.743

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:03 WIB
Penambahan itu berdasarkan pemeriksaan terhadap 79.375...
ANTARA/NOVA WAHYUDI

Rawan Karhutla, Terdeteksi 80 Hotspot di Provinsi Kalbar

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 06 Juli 2022, 16:45 WIB
Berdasarkan satelit Terra/Aqua Lapan, perbandingan jumlah HS 2021 dan 2022 (1 Jan-6 Jul) tahun 2022 sebanyak 256 titik, sedangkan tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya