Minggu 15 Mei 2022, 17:50 WIB

Curah Hujan Lebat, BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi

Dinda Shabrina | Humaniora
Curah Hujan Lebat, BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi

Antara/Idhad Zakaria.
Warga menggunakan rakit darurat untuk beraktivitas di sekitar lokasi yang tergenang banjir di Desa Nusadadi, Sumpiuh, Banyumas, Jateng.

 

DALAM laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan lebat selama tiga hari ke depan berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Pada Mei dasarian II-II dan Juni dasarian I 2022, BMKG menyebutkan umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria rendah-menengah.

Melihat potensi bencana dari curah hujan, BMKG membagi tingkatan peringatan dalam tiga kategori, awas, siaga, dan waspada.

Saat ini yang masuk dalam peringatan potensi dampak bencana yakni wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat dengan kategori siaga.

Untuk wilayah Kalimantan bagian barat, tengah, selatan, dan timur, saat ini masih dalam kategori waspada. Demikian pula wilayah lain seperti Jawa Barat, Banten, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

BMKG memperingatkan waspada hujan lebat (> 50 mm/hari) dari 14-16 Mei 2022 ada di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Dukung Energi Ramah Lingkungan, Pabrik Teksil Pasang PLTS Atap

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 08:49 WIB
Implementasi Energi Baru & Terbarukan (EBT) yang dilakukan Quty ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan dalam menekan percepatan...
ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

Kafein Beri Efek Hipertensi Bagi Anda yang Jarang Konsumsi Kopi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 24 Mei 2022, 08:26 WIB
Bagi penikmat kopi reguler yang bukan perokok, kopi malah dapat menurunkan risiko kejadian...
Medcom.id

Kasus Pemerkosaan 3 Anak di Luwu Dihentikan, DPR Minta Mabes Polri Turun

👤Dinda Shabrina 🕔Selasa 24 Mei 2022, 08:05 WIB
KASUS pemerkosaan tiga anak oleh ayahnya sendiri di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dihentikan oleh Polda Sulawesi Selatan karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya