Selasa 10 Mei 2022, 12:19 WIB

Unika Atma Jaya Salurkan Rp30 M Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu

Faustinus Nua | Humaniora
Unika Atma Jaya Salurkan Rp30 M Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu

Dok Universitas Katolik Atma Jaya
Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya memberikan beasiswa senilai Rp30 miliar kepada calon mahasiswa baru dan mahasiswa aktif.

 

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya memberikan beasiswa senilai Rp30 miliar kepada calon mahasiswa baru dan mahasiswa aktif. Beasiswa tersebut merupakan wujud nyata kepedulian kampus bagi pembangunan dunia pendidikan nasional yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

“Pemberian beasiswa ini adalah wujud nyata kepedulian Unika Atma Jaya kepada calon mahasiswa yang memiliki kemampuan intelektual yang baik, namun kurang mampu secara finansial. Dunia pendidikan tidak boleh kehilangan generasi muda yang cerdas, justru sebagai upaya mencetak generasi muda handal dan berkarakter Indonesia,” kata Rektor Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan beasiswa di kampus I Unika Atma Jaya, Selasa (10/5).

Prasetyantoko mengatakan, beasiswa bagi calon mahasiswa tersebut juga merupakan upaya kampus untuk memberikan akses pemerataan pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Akses pendidikan perlu diperluas agar makin banyak anak Indonesia yang bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Rektor, kepedulian Atma Jaya sejalan dengan semangat Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hadjar Dewantara yang bercita-cita untuk kemajuan pendidikan nasional. Sekaligus pemberian beasiswa menjadi bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis Unika Atma Jaya ke-62 yang jatuh pada 1 Juni 2022.

Apalagi setelah dua tahun terdampak pandemi, banyak anak berprestasi mengalami kendala finansial. "Ini untuk mendukung anak-anak bangsa yang harusnya punya kemampuan untuk kuliah tapi kendala keuangan. Dan juga mahasiswa berprestasi dengan berbagi skema," kata Rektor.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerja Sama, Yohanes Eko Adi Prasetyanto mengatakan bahwa di tahun 2021, Unika Atma Jaya sudah menggeleontorkan dana senilai Rp15 miliar untuk pemberian beasiswa secara nasional. Dalam tiga tahun terakhir, Unika Atma Jaya juga telah memberikan beasiswa berupa gratis SPP hingga biaya kuliah selama 4 tahun untuk semua program studi di Fakultas Pendidikan dan Bahasa.

"Dana ini dari kerja sama dari perusahaan alumni dan juga individu. Ke depan kita mengajak semua untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan program beasiswa di Unika Atma Jaya," ucapnya.

Perluasan pendidikan yang dilakukan pemerintah perlu didukung secara maksimal. Hal itu sejalan dengan cita-cita pendiri Atma Jaya yakni Frans Seda sebagai founding father Unika Atma Jaya. Beliau pernah berpesan 'Orang boleh tidak kuliah di Atma Jaya karena tidak mampu secara intelektual, tapi orang tidak boleh tidak kuliah di Atma Jaya karena tidak mampu secara finansial!'.

"Alokasi anggaran ini yang bisa membantu adik-adik mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Kami yakin yang bisa kuliah di Unika Atma Jaya tidak hanya yang mampu secara finansial. Kalau kemampuan (akademik) mencukupi dan tidak punya dana kita harus mencari jalan," jelasnya.

Melalui kemajuan teknologi dan perkembangannya menjadi salah satu fokus perhatian Unika Atma Jaya dengan membentuk kemampuan dosen dan mahasiswa yang mampu memanfaatkan ruang digital. Diharapkan melalui beasiswa yang ditawarkan oleh Unika Atma Jaya dapat terus sejalan dengan visi misi pendiri, berkontribusi penuh pada dunia pendidikan ‘Untuk Tuhan dan Tanah Air'.

Adapun, Kepala Kantor Beasiswa Unika Atma Jaya Fransisca Indah Tri Utami menambahkan berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terdapat sekitar 1,9 juta siswa dari 3,7 juta lulusan setingkat SMA, SMK dan Madrasah Al-aliyah yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Hal itu menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudnyatakan impian generasi bangsa.

"Unika Atma Jaya ini memiliki komitmen kuat selain menghadirkan pendidikan berkualitas tetapi juga memberi akses yang luas kepada putra-putri bangsa untuk melanjutkan pendidikan," kata dia.

Dijelaskannya, kesempatan memperoleh beasiswa ini dibuka bagi program beasiswa yang disediakan Unika Atma Jaya sepanjang tahun 2022 yakni melalaui sejumlah program beasiswa. Mulai dari Atma Peduli, Atma Peduli Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK), Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K), Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), Beasiswa Adaro, serta Beasiswa Timor Leste bagi siswa siswi SMA/SMK dari Timor Leste.

"Ada yang mendapat beasiswa full dan ada juga sebagian besar beasiswa partial. Tahun Rp30 M dari dana beasiswa kita berikan kepada mahasiswa baru dan aktif, mahasiswa tidak mampu dan berprestasi," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

Thinkstock

Pria dengan Masalah Kesuburan Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 24 Mei 2022, 10:30 WIB
"Studi kami menunjukkan bahwa pria tidak subur mungkin dua kali lebih memungkinkan menderita kanker payudara dibandingkan mereka yang...
dok.Ant

Pendidikan Vokasi Cuma Ciptakan Lulusan Siap Kerja, Benar?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 Mei 2022, 10:05 WIB
PENDIDIKAN vokasi selayaknya tidak terjebak menjadi lembaga kursus yang mencetak lulusan siap...
MI/A. Abdullah R

Tim ReADI USK Ikuti Kompetisi Hult Prize di Taipei

👤Amiruddin Abdullah R 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:25 WIB
MAHASISWA Universitas Syiah Kuala (USK) siap unjuk kebolehan di kompetisi internasional bernama Hult Prize, di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya