Rabu 04 Mei 2022, 20:58 WIB

Hepatitis Akut Pantang Dianggap Sepele

Anggi Tondi Martaon | Humaniora
Hepatitis Akut Pantang Dianggap Sepele

Antara
Ilustrasi

 

WAKIL Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mendorong pemerintah meningkatkan pengawasan dan deteksi dini terhadap epidemi virus hepatitis atau hepatitis akut. Pasalnya, penyakit tersebut mengancam anak-anak di banyak negara saat ini.

"Belajar dari dari pengalaman epidemi Covid-19 kemarin, pemerintah harus bergerak cepat untuk melakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk menekan tingkat penyebaran virus Hepatitis ini. Jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang sama" kata Sultan melalui keterangan tertulis, Rabu, (4/5)

Menurut dia, pemerintah tidak boleh lagi menganggap sepele terhadap setiap potensi ancaman kesehatan. Kementerian Kesehatan memiliki standar operasional dan prosedur (SOP) baku dalam menyikapi setiap fenomena sebuah penyakit, termasuk hepatitis.

"Kami ingin pemerintah harus rapid (cepat) respon dan mempu menyiapkan langkah-langkah mitigasi yang efektif," ungkap dia.

Ketua HIPMI Bengkulu itu menilai Indonesia sangat rentan terhadap berbagai jenis virus yang berkembang dari luar negeri. Merebaknya virus hepatitis dinilai bakal memperburuk kondisi sektor kesehatan masyarakat.

"Apalagi saat ini kita belum benar-benar pulih pandemi covid-19," sebut dia.

Dia menilai virus hepatitis berdampak besar bagi bangsa dan negara. Pasalnya, virus tersebut rentan terhadap anak-anak.

"Ini adalah ancaman yang sangat menentukan bagi masa depan bangsa. Jangan sampai kita kembali kebobolan akibat keteledoran kita semua dalam menyikapi masalah kesehatan," ujar dia.

Selain itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk waspada namun tidak perlu panik. Orang tua diminta memperhatikan makanan anak-anak dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. (OL-8)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

82,59% Remaja Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:42 WIB
Sebanyak 25.520.583 remaja telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 95,56 persen dari...
Ist

Rumah Sakit Premier Jatinegara Raih The Best Indonesia Hospital of The Year

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:12 WIB
Pada acara bertaraf internasional ini RS Premier Jatinegara berhasil meraih penghargaan dari Global Health Asia-Pacific Award 2022 kategori...
DOK MI.

Kapan Mulai Puasa Ayyamul Bidh 2022? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:26 WIB
Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunah yang dijalankan setiap pertengahan bulan. Untuk Agustus jadwal puasa ayyamul bidh sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya