Rabu 27 April 2022, 13:15 WIB

Cetak SDM Unggul Dibutuhkan Pengembangan Karakter Sejak Dini

mediaindonesia.com | Humaniora
Cetak SDM Unggul Dibutuhkan Pengembangan Karakter Sejak Dini

Ist
Media Session EduTalk:High Quality Education for Indonesia’s Future Excellent Generation.

 

PENINGKATAN kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia menjadi tugas bersama seluruh stakeholders demi mendukung kemajuan bangsa.

Institusi pendidikan juga memainkan peran penting terkait terciptanya generasi masa depan berkualitas tinggi dan siap bersaing di global.

Lembaga pendidikan kelas dunia, Sampoerna School System hadir dengan Sampoerna Academy dan Sampoerna University memberikan pendidikan terpadu dan terlengkap di Indonesia dari jenjang usia dini hingga universitas menggunakan kurikulum yang diakui secara internasional serta kesempatan untuk mendapatkan kredensial dan gelar yang diakui secara global. 

Dalam keterangan pers, Rabu (27/4), Dr Mustafa Guvercin, School Director of Sampoerna Academy menjelaskan mengenai komitmen Sampoerna Academy untuk selalu memberikan pendidikan kelas dunia bagi generasi muda agar dapat memiliki masa depan lebih baik.

Baca juga: Rektor Uhamka: Perlu SDM yang Produktif, Profesional, Berkompetensi Unggul

“Sebagai bagian dari Sampoerna School System, misi Sampoerna Academy adalah menyediakan lingkungan belajar yang aman, peduli, dan kolaboratif dengan kualitas pendidikan terbaik serta memenuhi harapan global untuk pencapaian dan pengembangan karakter siswa," jelasnya.

"Filosofi pengajaran kami mendorong siswa untuk bertanya, mengeksplorasi, berinovasi, dan berkomunikasi menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) yang berfokus pada pengembangan 5C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, and Character) siswa,” ungkapnya.

Sampoerna Academy yang terdiri dari tingkat Early Learning hingga High School menggunakan pedagogi STEAM yang memandu siswa untuk memiliki ketangguhan menghadapi tantangan masa depan, serta menjadi individu yang berkontribusi bagi lingkungan dan negaranya.

Hal ini berarti, selain memperhatikan pencapaian akademis, Sampoerna Academy juga berfokus pada pengembangan karakter dan kepribadian murid. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Psikolog Tara De Thouars yang menjelaskan mendorong lahirnya sumber daya manusia unggul tentunya membutuhkan pengembangan karakter sejak dini.

Selain orang tua, institusi pendidikan memegang peranan penting dalam pengembangan karakter positif pada anak. 

“Karakter anak terbentuk dan terbangun melalui dua faktor yaitu internal dan eksternal. Untuk faktor eksternal, dua sumber utamanya adalah keluarga dan lingkungan sosial." jelasnya.

"Dalam hal ini, sekolah termasuk ke dalam lingkungan sosial yang memiliki peran besar dalam mendidik, mengajarkan, dan menjadi sarana untuk membentuk serta mengembangkan karakter-karakter positif pada anak,” jelas Tara. 

Sedangkan untuk institusi pendidikan tingkat universitas memiliki peran penting dalam mengasah keahlian, serta membuka kesempatan lebih besar bagi generasi muda untuk mengejar impiannya dalam bekerja dan berkarya.

Menjawab tantangan ini, sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tinggi ala Amerika.

Sampoerna University juga membuka two degree program sebagai bagian dari kerja sama sinergis bersama University of Arizona.

“Sampoerna University bercita-cita untuk membina pemimpin masa depan dengan karakter moral yang kuat dan keterampilan kompetitif di level internasional, sehingga memungkinkan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia yang lebih sejahtera dan kompetitif secara global,"  ungkap Dr. Marshall Schott, President of Sampoerna University.

"Sebagai bagian dari Sampoerna School System, universitas kami merupakan jenjang tertinggi dari satu-satunya sistem sekolah di Indonesia yang terintegrasi secara nasional dan berstandar kualitas internasional," katanya.

"Dengan program kami, mahasiswa memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik untuk membuka pintu karier nasional dan internasional setelah mereka lulus,” ungkap Dr. Marshall Schott. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

AFP/PATRICK HERTZOG

Kembangkan Obat Kanker, Peneliti BRIN Desain Nano Partikel NLCs

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 17:15 WIB
BRIN berusaha mendesain nano partikel yang dapat meningkatkan bioavailabilitas obat anti kanker yang umumnya mengandung...
ANTARA/ Fakhri Hermansyah

Mensos Beri Bantuan Jemaat Penyandang Disabilitas HKBP Rawalumbu

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:45 WIB
Bantuan yang diserahkan berupa alat kursi roda elektrik, alat bantu dengar, kursi roda adaptif, tongkat tuna netra, kaki tangan palsu,...
Antara

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Tempat Wisata dari Menparekraf

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:19 WIB
Dirinya mengingatkan masyarakat yang akan berlibur pada momentum libur sekolah, tetap menjaga kewaspadaan terhadap pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya