Kamis 21 April 2022, 15:34 WIB

Inspirasi Perjuangan Kartini Harus Jadi Energi Wujudkan Cita-Cita Perempuan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Inspirasi Perjuangan Kartini Harus Jadi Energi Wujudkan Cita-Cita Perempuan

Antara/Raisan Al Farisi.
Siswi mengikuti peragaan busana dalam rangka peringatan Hari Kartini di SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/4).

 

PERJUANGAN tidak kenal lelah RA Kartini dalam mewujudkan kesetaraan di masa lalu harus menginspirasi kaum perempuan dalam merealisasikan cita-citanya di masa kini dan mendatang. 

"Bahkan kesetaraan gender yang diperjuangkan RA Kartini di masa lalu masih menjadi isu perempuan di berbagai belahan dunia saat ini dengan dimasukannya kesetaraan gender dalam SDGs nomor 5," ujar Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/4), dalam rangka memperingati Hari Kartini. 

Menurut Lestari, berjuang mewujudkan kesetaraan gender membutuhkan kebersamaan, konsistensi, dan keyakinan yang tinggi dari para perempuan. Rerie, sapaan akrab Lestari mengungkapkan, para perempuan saat ini bagaikan menghadapi tembok kaca. 

Bisa melihat peluang dan tantangan di depan, tetapi seperti tidak mampu menggapainya akibat berbagai tantangan domestik dan budaya yang ada. Rerie berpendapat para perempuan harus mampu bersama-sama memecahkan tembok kaca itu, meski dengan pengorbanan. 

Menurut Rerie, keberhasilan perempuan Indonesia mendorong lahirnya UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual tahun ini, seharusnya juga menjadi pelajaran penting bagi para perempuan dalam upaya mewujudkan cita-citanya. Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak para perempuan Indonesia untuk berperan serta dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dalam rangka memberi pemahaman yang utuh terkait kesetaraan gender dalam kehidupan bernegara. 

Rerie berharap hambatan-hambatan yang muncul dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan perempuan itu sendiri dapat diatasi jika semua pihak memahami pentingnya peran perempuan di berbagai bidang. Semangat perjuangan RA Kartini harus terus digaungkan sebagai salah satu energi pendorong bagi para perempuan Indonesia untuk tetap bersama, yakin dan konsisten dalam memperjuangkan setiap cita-citanya. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Perkembangan Teknologi Harus Dimanfaatkan untuk Perkokoh Nilai Kebangsaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:30 WIB
Daya adaptasi dan inovasi yang mumpuni dari setiap anak bangsa yang didasari nilai-nilai kebangsaan sangat dibutuhkan untuk menjawab...
ANTARA/Nova Wahyudi

Hari Ini 3.683 Jemaah dari 7 Kloter Diberangkatkan ke Arab Saudi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:15 WIB
Rencana keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 2, Minggu, (26/6) Juni 2022 akan diberangkatkan sebanyak 9 kloter dari 7...
Ist

Sandiaga Uno: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:42 WIB
Lokasi Desa Wisata Taman Loang Baloq cukup strategis. Dari Lombok International Airport Praya sekitar 30 menit menggunakan mobil menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya