Minggu 17 April 2022, 23:15 WIB

Pemerintah Kebut Distribusi BLT Minyak Goreng Jelang Lebaran

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Pemerintah Kebut Distribusi BLT Minyak Goreng Jelang Lebaran

Antara
Ilustrasi

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah bakal mengebut distribusi bantuan sosial (bansos). Bansos tersebut berupa bantuan pangan nontunai (BPNT) dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng.

“Percepatan distribusi bansos untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya Idulfitri,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4)

Muhadjir menyebut penyaluran BPNT dan BLT dirapel untuk tiga bulan dari April hingga Mei 2022. Distribusi dilakukan serentak bulan ini oleh PT Pos Indonesia.

“BPNT senilai Rp600 ribu atau Rp200 ribu per bulan dan BLT minyak goreng senilai Rp300 ribu atau Rp100 ribu per bulan,” jelas dia.

Muhadjir berharap bantuan itu membantu target penerima bantuan. Supaya masyarakat tetap bisa bertahan di tengah kejutan inflasi.

“Karena itu segera kita bantu terutama menyambut Idulfitri,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng untuk masyarakat. Program ini jadi respons atas tingginya harga minyak goreng yang disebabkan lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

"Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng," ujar Jokowi, Minggu, 3 April 2022.

Program BLT minyak goreng akan diberikan kepada lebih 20 juta kepala keluarga di seluruh Indonesia. Meliputi masyarakat tidak mampu dan penerima program bantuan-bantuan dari pemerintah.

"Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan," ujar Jokowi. (OL-8)

Baca Juga

dok.kemenag

Direktur Zakat dan Wakaf Kemenag Tarmizi Tohor Terkesan Tjahjo Kumolo

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:17 WIB
KEPERGIAN Menpan RB Tjahjo Kumolo, ternyata tidak hanya meninggalkan duka dan kenangan tersendiri bagi jajaran Kemenpan RB, namun juga bagi...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:10 WIB
Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan selatan Bali - NTT, perairan Kep. Sermata - Kep. Tanimbar, Laut...
ANTARA/Yudhi Mahatma

IDI Tegaskan Penggunaan Ganja Medis Masih Perlu Kajian Mendalam

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:45 WIB
"Ini yang harus kita pahami karena dalam penatalaksanaan sebuah disease atau penyakit itu ada yang namanya golden standard, mana yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya