Jumat 08 April 2022, 18:45 WIB

Mengenal Kucing Anggora dan Kisaran Harganya 

Miskah Syifa Putri | Humaniora
Mengenal Kucing Anggora dan Kisaran Harganya 

MI/Atet Dwi Pramadia
Kucing Anggora

 

KUCING merupakan salah satu binatang terfavorit untuk dijadikan hewan peliharaan di Indonesia. Banyak orang tertarik untuk memlihara kucing karena terlihat cantik dan juga bulunya yang tebal membuat kucing terlihat sangatlah lucu untuk dipelihara. 

Anggora merupakan salah satu ras kucing yang banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Anggora asal katanya adalah Ankara (ibukota Turki). Ras kucing ini memang berasal dari wilayah ini. Tetapi kemudian dikembangbiakkan di provinsi lain juga. Misalnya di provinsi Dogubeyazit. 

Tiga istilah yang digunakan di Indonesia untuk menyebut jenis ras kucing ini yaitu Turkish Angora Cat, Anggora Turki, dan dalam bahasa Turki adalah Ankara Kedisi. Semuanya sama saja, merujuk pada kucing dari Turki. 

Pada 1970, kucing Anggora Turki ini didaftarkan secara resmi ke CFA sebagai ras kucing independen. Ras ini ciri khasnya adalah bulu warna putih panjang menjuntai dengan mata berbeda warna (odd eyes). 

Kemudian pada 1978 barulah ada warna lain yang didaftarkan ke CFA. Antara lain kucing anggora Turki yang berwarna abu-abu, oranye dan hitam. 

Perlu diketahui, Turki tidak sembarangan melepas jenis ras kucingnya. Jika ada permintaan dari luar negeri untuk membeli kucing ini, kucing diberi sertifikat dan sudah disteril. Jadi, kucing ras ini tidak bisa dikembangbiakkan di negara lain.  

Di Indonesia, hanya ada enam orang yang memiliki kucing Anggora Turki asli. Mereka memegang sertifikat keasliannya. Harga kucing tersebut ratusan juta Rupiah. 

Perbedaan Kucing Anggora dengan Persia 

1.Bulu 

Perbedaan kucing anggora dan persia yang bisa diamati adalah dari bulunya. Meski keduanya berbulu panjang, kucing anggora memiliki bulu lebat namun tidak selebat kucing persia. 

Bulu di bagian wajah anggora juga tidak terlalu panjang. Namun, bulu di bagian ekor bisa sangat lebat dan panjang seperti musang. Berbeda dengan angora, kucing persia memiliki bulu yang sangat lebat dan padat. Seluruh bagian tubuhnya bisa terutup bulu yang tebal mulai dari wajah sampai ekor 

2.Hidung 

Hidung menjadi perbedaan paling jelas antara kucing anggora dan persia. Kucing Anggora memiliki kontur wajah segitiga dengan hidung sedikit runcing. Persia memiliki wajah datar dan hidung yang sangat pesek. 

3.Mata 

Mata anggora besar dan berbentuk almond agak miring ke atas. Tidak jarang Anggora memiliki dua warna mata yang berbeda. Mata Persia yang besar dan bulat terpisah jauh. 

4.Kepala 

Perbedaan kucing anggora dan persia selanjutnya ada pada bentuk kepala. Bentuk kepala anggora dan persia juga berbeda. Tengkorak kucing Persia lebih bulat. Sementara kucing anggora memiliki bentuk kepala seperti almond. 

5.Telinga 

Kucing Persia dikenal dengan telinganya yang kecil dan membulat, sedangkan kucing Anggora memiliki telinga yang lebih panjang dan runcing. Telinga kucing anggora panjang dan bersudut lancip dengan bentuk seperti segitiga. Telinganya berdekatan, tegak dan berjumbai. Sementara pada kucing persia, telinganya rendah dan dekat dengan kepala. 

6.Ukuran 

Ukuran juga menjadi salah satu perbedaan kucing anggora dan persia. Meskipun kedua ras dapat memiliki spesimen yang relatif kecil, kucing Persia umumnya lebih besar dari kucing Anggora. Anggora lebih jarang mencapai 6 kg. Mereka juga lebih pendek panjangnya. 

7.Bentuk Tubuh 

Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal. Anggora akan terlihat lebih tinggi dari pada kucing Persia. Tubuh angora lebih langsung dan sedikit berotot. Anggora ramping dan halus dengan bulu-bulu ekor yang panjang. 

Sementara kucing persia terlihat lebih gemuk dari pada kucing angora. Kucing persia juga lebih pendek dan gempal. Kaki persia lebih pendek tapi terlihatkuat dan gemuk dengan cakar membulat. Tubuh persia cenderung terlihat bulat dengan kaki pendek dan ekor pendek tebal. 

8.Kepribadian 

Perbedaan kucing anggora dan persia juga bisa dilihat dari kepribadiannya. Anggora  

ramah dan penuh kasih sayang, dan akan menyapa semua orang yang ia temui. Anggora termasuk kucing yang aktif dan gesit. Energi kucing ini cukup tinggi, cerdas, dan suka bermain. Kucing yang gesit ini menyukai tempat tinggi, karena ia suka melompat. 

Berbeda dengan angora, kucing persia lebih manis, lembut dan lebih menyukai ketenangan dan perlakuan yang lembut. Kucing ini sangat ceria tetapi tidak menuntut. Kucing persia berkomunikasi dengan suara lembut dan mata yang besar dan ekspresif. Bisa dibilang kucing persia adalah kucing yang cukup cuek. Dibanding angora, kucing persia cenderung kurang aktif. 

9.Makanan 

Makanan kucing anggora sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Anggora termasuk jenis kucing yang tidak rewel soal makanan. Makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Jadi penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. 

Sementara yang menjadi perbedaan kucing anggora dan persia adalah kucing persia cenderung pilih-pilih pemakan, tetapi mereka akan makan dengan baik begitu menemukan makanan yang pas. Makanan persia harus tinggi protein dan serat serta rendah lemak. 

10.Masalah kesehatan 

Meskipun sebagian besar sehat, kucing ras dapat rentan terhadap masalah genetik tertentu. Dibanding persia, anggora cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Beberapa masalah kesehatan lain yang biasa dialami anggora seperti Ataksia atau gangguan neuromuskuler yang fatal yang memengaruhi anak kucing berusia dua hingga empat minggu. 

Sementara daya tahan tubuh kucing persia tidak sekuat anggora. Banyak dari masalah ini secara langsung berkaitan dengan struktur wajah kucing persia. Meskipun mereka juga mungkin hadir dengan masalah kesehatan genetik yang tidak terkait dengan ciri fisik mereka. 

Baik Angora dan Persia rentan mengalami insiden yang lebih tinggi dari kondisi jantung yang dikenal sebagai kardiomiopati hipertrofik. Kondisi ini menyebabkan penebalan otot jantung. 

Baca juga : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Unsur, dan Contoh Di Balik Cerita Fiksi

11.Perawatan 

Perbedaan kucing anggora dan persia juga terletak pada perawatannya. Terlepas dari bulunya yang panjang, perawatan angora relatif sederhana dibanding persia. Bulu anggora jauh lebih tidak mudah kusut. Cukup sikat bulu kucing sekali seminggu untuk menghilangkan kotoran, dan mandikan sesuai kebutuhan. 

Karena bulunya yang panjang dan lebat, tidak mengherankan jika kucing Persia membutuhkan perawatan yang teratur. Tanpa perawatan teratur, bulunya bisa cepat kusut dan menyakitkan. Dianjurkan agar bulu kucing Persia disikat sekali sehari dan dimandikan setiap bulan untuk membantu menjaga kilau dan kelembutan bulunya. 

12.Asal 

Kucing anggora berasal dari kota Anggora (sekarang Ankara) yang ada di Turki. Kucing anggora merupakan salah satu kucing ras tertua yang ada di dunia. Tidak ada yang tahu asal-usul pastinya, tetapi diyakini bahwa kucing anggora berasal dari kucing liar Afrika, dan bulunya yang panjang dan halus adalah hasil mutasi alami. Kucing ini mulai dibawa ke Eropa pada tahun 1600-an. 

Sementara kucing persia berasal dari Persia atau yang kini dikenal sebagai Iran. Kucing persia sangat populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600-an. Sama seperti angora, bulu panjangnya adalah hasil mutasi alamiah 

Kisaran Harga Kucing Anggora 

Kucing Anggora memanglah menjadi salah satu ras favorit untuk dipelihara. Selain terlihat menawan sifat Anggora yang aktif dan lincah juga menjadi daya tariknya sendiri. Harga kucing anggora sendiri bervariasi, mulai dari kucing anggora kecil hingga dewasa, atau berdasarkan bentuk fisiknya yang lain. 

1.Kucing Anggora hasil Anggora x Anggora 

Jika kamu menginginkan kucing anggora yang masih berusia 3 bulan saja, kamu harus menyiapkan uang sekitar 3 juta rupiah untuk yang belum divaksin dan 7 juta rupiah untuk yang sudah divaksin. Untuk usia di kisaran 6 bulan atau kucing anggora dewasa asli, harganya lebih dari 2 kali lipat yaitu Rp8-9 juta untuk yang belum vaksin dan Rp12 juta yang sudah vaksin. 

2.Kucing Anggora campuran Anggora x Persia 

Usia 3 bulan atau harga anak kucing anggora yang belum divaksin, kamu perlu mengeluarkan uang Rp500.000an ribu – Rp700.000an ribu, sementara yang sudah divaksin kisaran harganya sekitar Rp900.000an ribu hingga Rp1.000.000an. 

Untuk ukuran yang lebih besar atau usianya sudah lewat dari 6 bulan, kamu perlu menyiapkan uang sekitar 1.5-2.5 juta rupiah untuk yang sudah divaksin. 

3.Kucing Anggora campuran Anggora x Kampung 

Harganya paling murah dibandingkan dengan anggora asli maupun anggora campuran persia. Bentuk umumnya adalah memiliki struktur tulang dan bulu seperti kucing kampung, namun bentuk wajah dan matanya mirip seperti anggora asli. 

Kamu hanya membutuhkan uang Rp200 ribu hingga Rp400 ribu untuk mendapatkan anggora yang masih berumur 3 bulan baik yang belum vaksin atau sudah vaksin. Sementara untuk 6 bulan, harganya berada di kisaran Rp600 ribu dan sudah divaksin. (OL-7)

Baca Juga

dok.Ant

BMKG: Hari Ini Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:47 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia hari ini, Jumat (12/8) cerah...
Dok pribadi

Kurangi Sampah Organik, Mahasiswa Undip Ajak Warga Buat Kompos Takakura  

👤Oryza Khansa Azzahra, Mahasiswa Teknik Lingkungan Undip 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:35 WIB
AMPAH saat ini sampah menjadi permasalahan yang sudah mencapai skala...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia Bantu Segmen Pendidikan Islam Lewat Total Solutions

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:20 WIB
Solusi yang disiapkan diperuntukan untuk yayasan/sekolah, owner, guru/karyawan serta wali murid sehingga menyentuh seluruh aspek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya