Kamis 07 April 2022, 07:15 WIB

Membangun Metode Pemetaan Padang Lamun

*/Hym/X-6 | Humaniora
Membangun Metode Pemetaan Padang Lamun

Dok. Pribadi
Hamparan padang lamun Thalassodendron cilliatum dan Thalassia hemprichii.

 

Untuk memetakan dan memantau dinamika padang lamun, kami menjalin mitra penelitian dengan PRO-BRIN dan Wageningen University. Kami juga menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap perubahan luas tutupan padang lamun dan runtuhnya ekosistem tersebut akibat terganggunya keseimbangan ekosistem dan rantai makanan.

Khusus padang lamun, kami telah mengembangkan perpustakaan spektral (spectral library) berbagai spesies lamun di Indonesia. Saat ini kami sedang mengembangkan algoritma dan toolbox pengolahan citra digital pengindraan jauh yang dapat digunakan untuk pemetaan stok karbon atas permukaan dan sekuestrasi karbon ekosistem padang lamun secara otomatis.

PRO-BRIN dapat memanfaatkan tools itu sebagai salah satu dasar untuk memasukkan pengurangan emisi oleh padang lamun dalam NDCs Indonesia dalam pengurangan emisi gas rumah kaca. PRO-BRIN telah memberikan surat dukungan terkait penggunaan tools tersebut.

Ke depannya, kami ingin dapat memetakan dinamika padang lamun di Indonesia melalui pengindraan jauh multitemporal. Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, dapat diidentifikasi lokasi-lokasi ekosistem padang lamun yang perlu dilakukan perlindungan dan atau pemulihan. Riset lanjutan terkait dengan metode pemulihan padang lamun yang sesuai dengan kondisi perairan dan lingkungan padang lamun tersebut juga bisa jalankan.

Fakultas Geografi UGM tahun ini baru saja mendirikan grup riset bernama Blue Carbon Research Group yang berfokus pada ekosistem karbon biru, terutama padang lamun dan hutan mangrove.

Kami berharap ekosistem padang lamun mendapatkan perhatian yang lebih baik lagi dari saat ini dan benar-benar dikelola secara berkelanjutan. Dengan begitu, jasa-jasa ekosistemnya dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim betul-betul dapat dioptimalkan. (*/Hym/X-6)

Baca Juga

 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...
AFP/Frederic J BROWN

Penerima Vaksin Booster di Indonesia Baru Capai 50,8 Juta Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:10 WIB
Cakupan vaksinasi booster secara nasional baru mencapai 24%. Cakupan itu belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya