Selasa 29 Maret 2022, 19:08 WIB

Erick Thohir Dukung Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco

Widhoroso | Humaniora
Erick Thohir Dukung Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Kesenian reog Ponorogo

 

MENTERI BUMN Erick Thohir ingin kesenian reog Ponorogo diakui dunia. Untuk itu, Erick Thohir mendukung upaya agar reog Ponorogo diakui menjadi warisan dunia tak benda Indonesia yang diakui Unesco.

"Saya mendukung penuh agar Reog Ponorogo ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Unesco,” tegas Erick Thohir dalam keterangan yang diterima, Selasa (29/3).

Erick Thohir mengajak kepada seluruh masyarakat Indoensia ikut andil untuk melestarikan reog Ponorogo. Mantan TKN Jokowi-Ma'ruf ini juga telah menyiapkan ekosistem berkelanjutan mengembangkan budaya untuk menghidupkan wisata lokal. Erick ingin kekayaan budaya Indonesia bisa diberdayakan dan hidup di masyarakat.

"Kita tentu tidak ingin, jika kekayaan budaya kita diakui oleh bangsa lain. Maka penting bagi kita untuk menjaga kelestarian dan regenerasinya," terang Erick Thohir.

Indonesia memiliki ribuan warisan budaya yang luar biasa. Terdata Indonesia memiliki 1.239 warisan budaya tak benda (WBTB). Maka menurut Erick semua pihak harus ikut mendukung dan menjaga Reog Ponorogo.  “Bukan hanya bagi rakyat Ponorogo, namun bagi seluruh anak Bangsa Indonesia,” jelas Erick thohir.

Erick Thohir bukan hanya mendukung namun telah menemui seniman reog di Ponorogo Bantarangin beberapa waktu lalu dan menyaksikan langsung pegelaran seni Reog Ponorogo di Monumen Bantarangin, Ponorogo.

Erick Thohir juga diberikan kehormatan untuk naik ke atas kepala Reog Dadak Merak sebagai bentuk penghormatan dan penerimaan dari seluruh masyarakat Ponorogo khususnya pegiat seni Reog. "Saya mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk bersama-sama mendukung Reog Ponorogo sebagai warisan budaya tak benda UNESCO tahun 2023," jelas Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini. (RO/OL-15)

Baca Juga

Antara/Ahmad Subaidi.

Teks Eksposisi: Unsur Utama, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh

👤Miskah Syifa Putri 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:07 WIB
Teks eksposisi adalah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun...
DOK KAT

Komunitas Anggur Tangsel Berharap Dukungan Penuh Pemerintah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:07 WIB
KOMUNITAS Anggur Tangsel (KAT) terus melakukan kegiatan untuk mengembangkan tanaman anggur di...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Presiden Instruksikan Evaluasi Kebijakan PPKM

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:46 WIB
Langkah antisipasi, sambungnya, harus segera dilakukan mengingat puncak penyebaran kasus pascalebaran diprediksi akan terjadi pada pekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya