Minggu 27 Maret 2022, 12:07 WIB

BNI Dorong Rehabilitasi Hutan Pesisir Pantai Anyer dan Hulu DAS Citarum

mediaindonesia.com | Humaniora
BNI Dorong Rehabilitasi Hutan Pesisir Pantai Anyer dan Hulu DAS Citarum

DOK BNI

 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kita Jaga Alam Letnan Jenderal (Purnawirawan) Doni Monardo (kiri) dan Corporate Secretary BNI Mucharom saat program Penanaman Pohon di Pantai Anyer ini, Minggu (27/3/2022).  

 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) kembali mendorong program kepedulian lingkungan guna memulihkan kondisi alam. Sebagai pioneer green banking, perseroan BNI berkolaborasi dengan Yayasan KJA melakukan kerja sama untuk program rehabilitasi lingkungan kawasan pesisir Pantai Anyer dan hulu Sungai DAS Citarum melalui Program pengembangan kebun bibit, melakukan penanaman dan merawat pohon. 

Adapun, kerja sama program ini menggunakan mekanisme CSR berupa pembibitan 100.000 pohon di area Pantai Anyer, pembibitan 200.000 pohon di area hulu DAS Sungai Citarum, biaya kegiatan penanaman, sekaligus biaya kegiatan pemeliharaan pohon.    

Dalam acara peresmiannya Deputi dan Direktur Pencegahan Bencana BNPB Jarwansyah, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kita Jaga Alam Letnan Jenderal (Purnawirawan) Doni Monardo hadir secara langsung untuk menyaksikan. 

Dari pihak BNI, Corporate Secretary BNI Mucharom hadir untuk membuka program Penanaman Pohon di Pantai Anyer ini, Minggu (27/3/2022). 

Doni Monardo berpesan bahwa menyiapkan pembibitan pohon di tepi pantai merupakan program kemanusiaan, karena secara tidak langsung kita telah menyelamatkan generasi yang akan datang dari kemungkinan ancaman adanya bencana alam.

"Kami harap program BNI Go Green dapat terus berlangsung guna terus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," katanya.

Mucharom menuturkan bahwa kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam terkadang sangat besar sehingga menimbulkan dampak kepada sektor ekonomi dan perubahan alam itu sendiri.  

Oleh karena itu, sebagai agen pembangunan pemerintah yang ditugaskan untuk konstruksi ekonomi berkelanjutan, BNI terus berupaya memperluas kemitraan sekaligus mendorong program-program kepedulian sosial yang berbasis lingkungan. 

"Kami berharap program hari ini dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi korporasi lain untuk tak hanya fokus pada eksploitasi tetapi juga pada penjagaan serta kelestarian lingkungan," katanya. 

Mucharom menuturkan periode program berjalan sejak Maret sampai dengan Desember 2022. Bentuk implementasi program berupa edukasi mengenai rehabilitasi hutan, pembibitan dan mitigasi bencana bagi para pegawai dan masyarakat. Ada pula program employee volunteer untuk penanaman pohon oleh pegawai BNI bersama KJA. 

“Kami juga memiliki pula program partisipasi nasabah baru yang aktivasi mobile banking atau buka rekening dapat ikut berpartisipasi mendapatkan 1 pohon untuk penghijauan atau rehabilitasi lahan serta dukungan BNI atas komitmen global pada program G20,” imbuhnya. (OL-10)

Baca Juga

DOK PUPR

Pemerintah Bangun 61 Bendungan, Kapasitas Irigasi Teknis Meningkat

👤Palce Amalo 🕔Jumat 30 September 2022, 22:39 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono menyebutkan sebanyak 61 bendungan yang dibangun Presiden Jokowi, akan...
Freepik.com

Penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi akan Ungkit Daya Saing Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:26 WIB
Penguasaan bahasa asing dan teknologi, terutama di era revolusi industri 4.0, lanjut Siti merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh...
Dok UII

UII Yogyakarta Siapkan 29 Beasiswa Lewat OSC Medcom

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 30 September 2022, 22:09 WIB
UII Yogyakarta merupakan 1 dari 27 perguruan tinggi yang menjadi mitra OSC Medcom pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya