Sabtu 26 Maret 2022, 16:41 WIB

Peningkatan Kompetensi Guru Penting untuk Jawab Tantangan Pandemi

mediaindonesia.com | Humaniora
Peningkatan Kompetensi Guru Penting untuk Jawab Tantangan Pandemi

Antara
Pelatihan TIK

 

KEPALA Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Jawa Timur Nur Miftahul Fuad mengatakan, pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kunci untuk meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Apalagi, pandemi covid-19 membuat kegiatan belajar-mengajar dialihkan secara online.

“Dulu guru rata-rata masih gaptek, enggak mau pakai komputer dan platform digital. Semua dilakukan secara manual dan proses kerja lebih lambat. Sekarang, mau enggak mau, bisa enggak bisa, semua harus belajar TIK," kata Nur Miftahul dalam keterangan yang diterima Sabtu (26/3/2022).

Pemerintah melakukan sejumlah inisiatif, termasuk menggelar pelatihan penggunaan akun pembelajaran Belajar.id untuk meningkatkan efektivitas pengajaran dam mendukung peningkatan kemampuan TIK para guru termasuk di Kabupaten Kediri. Mereka diajarkan untuk menggunakan beragam aplikasi yang memudahkan kegiatan belajar-mengajar, seperti Google Workspace for Education, Google Classroom. 

Pelatihan ini melibatkan beberapa narasumber tingkat nasional dan dilakukan secara online yang diikuti sekolah di Kabupaten Kediri. Hingga saat ini, ribuan guru di Kabupaten Kediri yang telah mengikuti pelatihan ini. Berkat pelatihan tersebut pula, pria kelahiran Kediri ini menjelaskan bahwa minat para guru dalam mengembangkan pengetahuan TIK nya pun semakin besar.

Salah satu buktinya yakni aktivasi akun Belajar.id di Kabupaten Kediri masuk peringkat satu yang paling banyak diakses di Jawa Timur. Keberhasilan aktivasi akun Belajar.id terbanyak ini juga tak lepas dari peran Dinas yang gencar mensosialisasikan lewat surat edaran kepada kepala-kepala sekolah dan guru untuk jenjang pendidikan dasar.

Selain pelatihan akun pembelajaran Belajar.id, Disdik Kabupaten Kediri juga memiliki program lainnya, seperti workshop digital learning yang diikuti 6.000 guru secara online. Ada pula pelatihan offline seperti workshop smart learning yang juga bertujuan meningkatkan pemahaman para guru terkait penggunaan TIK 

Fuad pun mengaku telah mengingatkan pihak sekolah untuk memaksimalkan bantuan TIK yang telah mereka terima sehingga proses belajar-mengajar menjadi lebih maksimal. (RO/A-3)

Baca Juga

Ist/Sinar Mas Land

Pelatihan Program Berantas Buta Al-Qur’an 2022 Dikuti 150 Ustaz dan Guru Ngaji

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:17 WIB
Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca...
Ist/Sinar Mas Land

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:09 WIB
Di bulan suci ini, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menginisiasi sebuah program cara cepat membaca...
Ist/Sinar Mas Land

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Qur'an di Balipapan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:00 WIB
Lomba membaca Al-Qur’an yang diselenggarakan Yayasan Muslim Sinar Mas Land diikuti 300 peserta yang terdiri dari usia 6-15...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya