Rabu 23 Maret 2022, 15:41 WIB

Profesor Teknik Universitas Mercu Buana Teliti Robot Berbasis Perilaku

Mediaindonesia.com | Humaniora
Profesor Teknik Universitas Mercu Buana Teliti Robot Berbasis Perilaku

Dok Fakultas Teknik UMB
Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, Guru Besar Terbaru yang dimiliki oleh Fakultas Teknik UMB

 

Kemajuan teknologi robotika saat ini telah mengantarkan umat manusia pada level perkembangan teknologi mutakhir. Saat ini berbagai macam robot berhasil diciptakan untuk membantu dan memudahkan kehidupan manusia.

Beberapa tahun terakhir pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan kewarganegraan kepada robot Bernama Sophia. Sophia adalah robot humanoid yang dapat berpikir dan berperilaku layaknya seorang manusia.

“Sejatinya, prinsip teknologi robotika diilhami dari prinsip kehidupan manusia. Manusia beraktifitas berdasarkan prinsip sense – think – act (merasakan – berfikir – bertindak),” kata Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, dalam orasi ilmiah pada acara pengkukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana, Rabu, 23 Maret 2022 di Kampus Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta Barat.

Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, merupakan  Guru Besar Terbaru yang dimiliki oleh Fakultas Teknik UMB memiliki konsern pada penelitian robot berbasis perilaku. Andi mengatakan robotika merupakan bidang yang menjadi salah satu pendukung terwujudnya system teknologi berbasis Revolusi Industri 4.0.

“Robot berbasis perilaku atau Behavior Based Control Architecture membagi fungsi robot dalam beberapa behavior, di mana behavior dihubungkan dengan beberapa sensor.”

Dalam acara pengukuhannya sebagai guru besar yang dilakukan secara hybrid tersebut selain dihadiri oleh Nurani Pudjiastuti, Dipl. FM, Sekretaris Yayasan Menara Bakti, juga dihadiri oleh keluarga dari Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng dan jajaran rektorat UMB.

Baca Juga

MI/HO

Kolaborasi Berskala Global untuk Pulihkan Populasi Hiu Belimbing di Raja Ampat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 01:00 WIB
Mereka berharap program tersebut akan mendatangkan manfaat ekonomi dari pariwisata bahari dari hiu...
Antara

Kemensos Kirim Bantuan Logistik Untuk Para Pengungsi Erupsi Semeru

👤Naufal Zuhdi 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:25 WIB
PASCAERUPSI Gunung Semeru di Jawa Timur, Kementerian Sosial (Kemensos) bergerak cepat untuk mengirimkan bantuan berupa logistik ke wilayah...
Kemenag

Siswa Madrasah Asal Pati Sabet Juara II Robotics Innovation Challenge di Singapura

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
HAFIZ Ulumuddin Karim, siswa MTsN 1 Pati meraih juara II pada Robotics Innovation Challenge (RIC) 2022 yang berlangsung di Singapura, pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya