Jumat 11 Februari 2022, 19:14 WIB

Jokowi: Indonesia Tegaskan Komitmen Menjaga Laut kepada Dunia

Andhika Prasetyo | Humaniora
Jokowi: Indonesia Tegaskan Komitmen Menjaga Laut kepada Dunia

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo

 

INDONESIA menegaskan komitmen untuk terus menjaga keberlanjutan lingkungan laut di Tanah Air.

Komitmen tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri One Ocean Summit secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/2).

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, lingkungan laut yang sehat adalah kunci utama untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.

Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya melakukan konservasi perairan laut.

Pemerintah memiliki target, hingga 2030, kawasan laut seluar 32,5 juta hektare akan dikonservasi.

"Sampai dengan 2021, kami telah berhasil mencapai seluas 28,1 juta hektare atau 86,5%. Kami optimis komitmen kami di 2030 bisa terpenuhi," ujar Jokowi.


Pemerintah juga berkomitmen untuk mengurangi 70% sampah plastik di laut pada 2025. Berbagai upaya terus dijalankan mulai dari rencana aksi penanganan sampah hingga pembangunan pembangkit listrik berbahan baku sampah.

Selain itu, ekosistem mangrove juga menjadi perhatian utama.


"Kami menargetkan rehabilitasi terhadap 600 ribu hektare mangrove hingga 2024. Kami yakin semua upaya ini tidak hanya berdampak pada kelestarian lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan namun juga pada perubahan iklim," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


Satu kebijakan lain yang juga dikedepankan pemerintah adalah dengan mengatur sistem penangkapan ikan sehingga tidak merusak ekosistem laut.


Pada agenda COP26 yang dihelat tahun lalu, Indonesia bersama negara-negara kepulauan di seluruh dunia menyerukan pentingnya mempererat keterkaitan antara laut dan perubahan iklim.

Dengan kekuatan yang begitu besar, Jokowi yakin permasalahan laut dan iklim akan bisa ditangani dengan baik. "Pengelolaan lingkungan laut perlu ditempatkan pada dimensi pembangunan berkelanjutan dan menjadi bagian untuk mendukung pemulihan ekonomi akibat pandemi. Kami telah melakukan sejumlah terobosan kebijakan yang menunjukkan hasil baik," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya