Senin 24 Januari 2022, 14:28 WIB

Institut Teknologi PLN Terima Hibah Teknologi dari Siemens Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
Institut Teknologi PLN Terima Hibah Teknologi dari Siemens Indonesia

Ist
Rektor IT PLN, Prof .Dr., Ir. Iwa Garniwa Mulyana K, MT. (kanan) dan Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia Dr. Lamine Jendoubi,

 

PT Siemens Indonesia hari ini atau Senin (24/1) mengumumkan bahwa perusahaan telah memberikan hibah teknologi kepada Institut Teknologi PLN (ITPLN), dengan nilai komersial sebesar Rp 300 juta.

Sebagai bagian dari hibah ini, peralatan switchgear tegangan menengah beserta sistem distribusi dari Siemens akan dipergunakan di Laboratorium Distribusi dan Pemanfaatan Tenaga Listrik.

Hibah teknologi dalam bentuk produk ini memberi siswa akses ke teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan produk inovatif di berbagai industri termasuk utilitas, minyak dan gas, pertambangan, pusat data, dan bangunan penting, yang mencakup semua kebutuhan distribusi listrik untuk pengelolaan energi. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Siemens atas donasi yang luar biasa ini. Dengan menggunakan teknologi yang sama di ruang kelas dengan yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan berbagai macam produk, siswa kami memperoleh pengalaman belajar di dunia nyata secara kontekstual selama studi mereka yang tentunya akan berguna bagi mereka setelah lulus,” ungkap Rektor IT PLN, Prof .Dr., Ir. Iwa Garniwa Mulyana K, MT.

Hibah peralatan switchgear tegangan menengah beserta sistem distribusi ini dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan mahasiswa dan lulusan untuk sistem tegangan menengah yang kompleks dan kompetitif serta pasar otomasi energi dan juga mengembangkan pengetahuan mahasiswa mengenai pemutus sirkuit tegangan tinggi.

Mahasiswa ITPLN akan memiliki akses ke perangkat proteksi Simoprima A4 dan Fusesaver untuk sistem kelistrikan.

Dengan peralatan di laboratorium Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan serta pelatihan pengoperasian switchgear tegangan menengah oleh 'Junior Circle’ (Lingkaran Muda) dari Smart Infrastructure – Electrification and Automation, Siemens Indonesia, mahasiswa akan dapat memantau kondisi switchgear secara akurat dan mampu mengatasi kegagalan pemutus sirkuit.

“Kami berharap kontribusi ini dapat membantu mahasiswa di Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang switchgear dan sistem distribusi,” ungkap Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia Dr. Lamine Jendoubi,

 “Dedikasi ITPLN pada bidang teknik, teknologi, dan inovasi menjadikan universitas ini sebagai penerima hibah teknologi yang ideal," jelasnya.

"Siemens terus berkomitmen untuk mendukung para mahasiswa melalui peralatan yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan saat ini dan masa depan terutama di bidang kelistrikan," kata Lamine Jendoubi,

Siemens hadir di Indonesia selama 165 tahun. Saat ini, Siemens beroperasi dengan tiga fasilitas manufaktur dan menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 800 orang.

"Kami terus meningkatkan kontribusi perusahaan di Indonesia dan menjadi trendsetter tidak hanya dalam penyediaan teknologi tetapi juga kami membangun fasilitas manufaktur lokal dan sumber daya manusia Indonesia selama bertahun-tahun," kata Jendoubi, (RO/OL-09) 

Baca Juga

Ist/DPR

Puan Minta Pencabutan PPKM Harus Miliki Strategi Matang

👤 Sri Utami 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:18 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah memertimbangkan rencana pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat...
MI/ADAM DWI

Jamaah Calon Haji di atas 65 Tahun yang Tidak Bisa Berangkat Jangan Tarik Setoran Awal

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:16 WIB
Karena masih ada harapan tahun depan penyelenggaraan haji bisa kembali normal tanpa ada batasan...
Antara

Jokowi: Perlu Komitmen Global untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:14 WIB
Sebagai tuan rumah GPDRR 2022, Indonesia siap berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai mitigasi bencana, sekaligus belajar dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya