Minggu 16 Januari 2022, 17:30 WIB

Kolaborasi Bersama Vaksinasi Anak untuk Kekebalan Komunal

Indriyani Astuti | Humaniora
Kolaborasi Bersama Vaksinasi Anak untuk Kekebalan Komunal

MI/Vicky Gustiawan.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 jenis Pfizer ke murid sekolah dasar (SD) di SDN Panunggangan 5, Tangerang, Banten.

 

VAKSINASI anak tidak hanya dilakukan di sekolah dan layanan fasilitas kesehatan. Salah satu inisiatif yang dilakukan Yayasan Global CEO Indonesia, bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Selatan, membuka gerai vaksinasi di sentra bermain Kidzania, Pasific Place Mall, Jakarta Selatan. 

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Polisi Budhi Herdi S menuturkan layanan vaksinasi dimulai pada 16 hingga 23 Januari 2022. Adapun sasarannya tidak hanya pengunjung Kidzania, tetapi juga masyarakat umum bisa membawa anak berusia 6-11 tahun untuk diberikan vaksinasi. Kolaborasi ini, terang Budhi, dilakukan dalam rangka program nasional didukung kepolisian untuk percepatan target vaksin pada anak. 

Baca juga: Indonesia Tegaskan Penelitian Karhutla Harus Berbasis Data

"Tanpa kerja sama yang baik untuk mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity), kita tidak bisa," ujar Budhi dalam acara konferensi pers yang digelar Minggu (16/1).

Ia menjelaskan pilihan membuka gerai di sentra bermain anak, karena ada ratusan anak datang berkunjung. Selain itu, tujuan program ini menyasar anak-anak yang belum mendapatkan vaksinasi di sekolah mereka. Rencana perpanjangan gerai, imbuh dia, juga dapat dilakukan apabila animo pengunjung cukup tinggi. Kementerian Kesehatan, sebagai penyedia vaksin, tutur Budhi, mendukung penuh program tersebut. 

"Kalau dirasa animo cukup banyak bisa memperpanjang masa berlakunya. Kementerian Kesehatan mendukung berapapun vaksinnya. Kalau anaknya mau dan orang tua mengizinkan. Siapa saja (anak) warga negara Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Global CEO Indonesia Trisya Suherman menambahkan, vaksinasi terhadap anak perlu benar-benar disosialisasikan. Anak-anak, terang Trisya, salah satu kelompok yang rentan terkena Covid-19. 

"Saya terkena Covid-19 dari anak saya yang paling bungsu.Kita ingin ada kekebalan komunal. Jangan anggap sepele. Jangan pikir anak-anak tidak mudah terkena Covid-19, " ucap dia. 

Pemilihan membuka gerai di tempat bermain anak, imbuh dia, diharapkan memudahkan orang tua yang bekerja dan kesulitan mengantarkan anak mereka ke sentra vaksinasi, bisa membawa anak-anak ketika akhir pekan. 

Ketua Dewan Penasihat Yayasan Global CEO Indonesia Dewi Motik Pramono menuturkan program vaksinasi bisa cepat terlaksana apabila dilakukan kerja sama. "Ini satu contoh kalau mau bersatu saling mendukung demi kesehatan masyarakat Indonesia," ucap dia.

Turut hadir dalam acara itu, Direktur Kidzania Jakarta Faizal Reza dan Perwakilan dari Pasific Place Dadang. (OL-6) 

Baca Juga

Antara

Update 16 Mei: 21,7 Juta Remaja Tuntas Divaksin Dosis Lengkap

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:18 WIB
Jumlah itu setara 81,43 persen dari target 26.705.490...
Dok. Meccaya Group

Meccaya Group Libatkan UMKM Dan Warga Dukung Perayaan Trisuci Waisak 2022 Di Candi Pawon

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:34 WIB
Festival internasional ini diawali dengan doa lintas agama, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai tokoh Indonesia maupun...
Ilustrasi

Migrain Muncul Usai Makan Karbohidrat dan Gula, Benarkah?

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 18:22 WIB
Kemungkinan besar bukan makanan yang menyebabkan migrain, melainkan migrain yang menyebabkan orang menyantap makanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya