Senin 27 Desember 2021, 09:57 WIB

Dokumen Susi Pudjiastuti jadi Bungkus Gorengan, Dirjen Dukcapil Angkat Bicara

Indriyani Astuti | Humaniora
Dokumen Susi Pudjiastuti jadi Bungkus Gorengan, Dirjen Dukcapil Angkat Bicara

Instagram
Ilustrasi

 

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Prof. Zudan Arif Fakhrulloh mengimbau agar salinan dokumen yang memuat nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) sebaiknya dimusnahkan ketika sudah tidak dipakai. Hal itu ia utarakan merespons adanya foto dan dokumen milik Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti, menjadi bungkus gorengan dan beredar viral di media sosial.

"Pada prinsipnya semua dokumen yg ada NIK dan nomor KK harus disimpan dengan baik oleh setiap pihak yang berkepentingan," ujar Zudan ketika dikonfirmasi, Senin (27/12).

Ia lebih jauh menjelaskan, dokumen tersebut adalah dokumen yang dibuat oleh Dinas dukcapil. Pada prinsipnya, berupa surat keterangan yang diberikan dan dipegang oleh masyarakat. Ketika sudah tidak terpakai, menurut Zudan sebaiknya dimusnahkan. Sehingga data kependudukan tetap aman serta tidak disalahgunakan.

Melalui akun media sosial twitter, Susi mengatakan ada yang mengirimkan pesan mengenai foto data kependudukan miliknya. "Saya harus berpendapat apa? Hal seperti ini bukannya sudah biasa terjadi? Protes kemana? Ke siapa? setiap hari kita dapat Whatsapp pinjaman online, investasi, promo dan lain-lain semua tahu nomor kita data kita.. so," cuit Susi di akun twitternya, Senin (27/12).

Foto yang beredar di media sosial berupa surat keterangan dari Kantor Kecamatan Pangandaran untuk pembuatan KTP yang dikeluarkan pada 2014. Di dalamnya ada data serta foto milik Susi Pudjiastuti. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara

2.248 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:52 WIB
Sementara itu, kasus aktif bertambah 616 sehingga menjadi 16.790...
Antara

35 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Telah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 5.253.088 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.358.241 petugas...
MI/Susanto

Kemenag Siapkan Layanan Pengaduan Haji Secara Daring 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:42 WIB
Layanan aduan daring disiapkan untuk jemaah haji dan petugas, dengan mengakses link haji2022.kemenag.go.id. Kemudian, mengisi formulir jika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya