Jumat 24 Desember 2021, 13:00 WIB

Pentingnya ASI dan DHA bagi Perkembangan Bayi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pentingnya ASI dan DHA bagi Perkembangan Bayi

DOK Mecosin.
Sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial yaitu minyak kanola, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, dan minyak ikan.

 

MOMENTUM Hari Ibu yang diperingati pada 22 Desember menjadi bagian penting bagi para ibu di Indonesia, khususnya yang sedang menyusui anak. Sebagai sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi, Lancar ASI Plus DHA ingin memberikan solusi terbaik bagi setiap ibu di seluruh Indonesia untuk memperlancar serta meningkatkan kualitas produksi air susu ibu (ASI) yang diberikan kepada sang buah hati. 

Praktisi kesehatan Boy Abidin Sp.OG menjelaskan ASI sebagai sumber asupan nutrisi penting untuk perkembangan bayi. Ia mengatakan ASI dapat membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas. Selain itu, ASI dapat melindungi bayi dari kuman serta dapat mencegah diare dan malanutrisi. "Dalam ASI terkandung asam lemak yang bermanfaat bagi perkembangan otak dan membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi," jelas dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan itu saat launching produk Lancar ASI Plus DHA di Jakarta, Rabu (22/12).

Boy menjelaskan peranan penting DHA terhadap perkembangan otak bayi. Ia menganjurkan kepada setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial. 

"Asam lemak rantai panjang yang paling banyak didapatkan dalam fosfolipid otak ialah AA dan DHA. Sementara DHA dapat diperoleh dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya sendiri," jelas Boy yang juga berprofesi sebagai konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi ini. 

Boy mengatakan sumber makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial yaitu minyak kanola, minyak kenari, sayuran berdaun hijau, minyak ikan, serta ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden. "Bagi ibu hamil juga bisa mendapatkan DHA dari suplemen khusus untuk ibu hamil yang kaya DHA," ujarnya.  

Terkait manfaat ASI, Boy juga memaparkan hal ini bisa lebih memperkuat ikatan emosional antara ibu dan bayi. Dengan pemberian ASI yang baik dan teratur, dapat pula memberikan manfaat kepada sang ibu untuk terhindar dari risiko terkena kanker rahim dan payudara. "ASI juga penting dalam membantu ibu untuk memberi jarak terhadap kelahiran metode kontrasepsi alami," ujarnya. 

Direktur Utama PT Mecosin Indonesia, Yurita Tjahaja, menambahkan bahwa sebagai produk yang hadir sejak 1997, pihaknya ingin para ibu yang sedang menyusui bisa memberikan ASI terbaik buat bayi-bayi mereka. Momentum Hari Ibu menjadi sangat penting untuk kembali mengingatkan manfaat ASI kepada bayi maupun para wanita yang baru memiliki bayi.

Yurita mengatakan pada produk terbaru Lancar ASI Plus DHA pihaknya masih tetap menggunakan bahan utama dari ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus). Berdasarkan riset ilmiah, ekstrak daun katuk dan DHA ini punya fungsi ganda (double action). Daun katuk bermanfat untuk meningkatkan air susu ibu dan DHA berguna untuk tumbuh kembang otak si kecil.

"Sebelum diluncurkan ke pasar, pada 1995 ekstrak daun katuk dalam Lancar ASI dilakukan uji praklinis berupa uji toksitas, efek lactogogum, dan farmakologi ekstrak daun katuk. Ini merupakan kerja sama kami  dengan Pokja Obat Tradisional FK UI dan Fakultas Kedokteran Hewan IPB jurusan Fisiologi dan Farmakologi," papar Yurita. 

Dalam melakukan ekspansi bisnis, Yurita juga menjelaskan pihaknya melirik segmentasi wanita menyusui berusia 25-40 tahun dengan letak geografi terbesar di wilayah suburban. "Target utama market Lancar Asi ini masih tetap berada di wilayah Pulau Jawa," jelasnya. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Perempuan Punya Kesempatan Duduki Posisi Tertinggi Di Dunia Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:50 WIB
PEREMPUAN memiliki potensi yang tidak kalah berkualitas dalam hal kepemimpinan, termasuk dalam dunia...
DOK Instagram @yennywahid.

Hubungan Syafii Maarif dengan Gus Dur dan Pak Harto

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:45 WIB
Yang menarik, Yenny Wahid mengungkapkan hubungan Syafii dengan Gus Dur dan Peter Gontha mengisahkan Syafii dengan Presiden kedua RI...
Antara

31,1 Juta Masyarakat Umum dan Rentan Terproteksi Booster

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:36 WIB
Sebanyak 4.559.957 lanjut usia telah terproteksi vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya