Rabu 08 Desember 2021, 14:02 WIB

PB Wushu Indonesia Ingin Bangun Pusat Pelatihan di Jakarta

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
PB Wushu Indonesia Ingin Bangun Pusat Pelatihan di Jakarta

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi

 

KETUA Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto menyampaikan keinginannya sekaligus kabar gembira bagi masyarakat wushu Indonesia. 

Airlangga yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyampaikan keinginan PB WI untuk membangun pusat pelatihan wushu Indonesia. 

Baca juga: Kebutuhan Anak dan Perempuan Korban Erupsi Semeru akan Diperhatikan Khusus

"DKI Jakarta itu kan banyak punya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Semoga Pak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan fasilitas. Apalagi, wushu DKI Jakarta punya kontribusi emas bagi Kontingen DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021," kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima Rabu (8/12). 

"Kami sudah cek ada fasos dan fasum di Citra Garden Cengkareng, Jakarta Barat yang bisa dimanfaatkan. Kalau fasos dan fasum itu diberikan bisa kita buat sebagai pelatnas terpusat," tambahnya. 

Dijelaskannya, wushu telah masuk di dalam Desain Besar Olahraga Nasional, dengan target dapat tampil gemilang di Olimpiade 2032. Disebutnya wushu juga memiliki stok atlet rata-rata di bawah 12 tahun sehingga bila nanti dipertandingkan Indonesia bisa dapat meraih emas di Olimpiade 2032.

Menanggapi permintaan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menyambut baik. Menurut Anies olahraga Wushu makin populer dan juga berkontribusi besar bagi kontingen DKI Jakarta pada PON XX Papua. 

"Wushu cukup berkontribusi besar bagi Jakarta. Bagian kami nanti membayar balik Jakarta kontribusi buat wushu. Tadi sudah disampaikan dibutuhkan tempat, Insya Allah. Kita senang sekali Jakarta sebagai tempat pelatihan wushu Indonesia," kata Anies. 

Mendengar keinginan dan sambutan yang luar biasa dari kedua tokoh tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali  mengaku sangat gembira, karena dengan demikian setidaknya beban pemerintah berkurang untuk satu cabor. 

"Malam ini saya benar-benar bahagia. Tadinya, kami sedang memikirkan tempat untuk TC buat cabor yang masuk DBON. Kenapa saya berterima kasih? Karena, tadi Pak Ketua Umum menyampaikan keinginan membangun TC sendiri. Dan, keinginan Ketum itu mendapat sambutan baik (dari Gubernur DKI Jakarta)," kata Zainudin 

"Terima kasih Pak Ketum dan juga terima kasih Pak Gubernur DKI Jakarta. Luar biasa beban saya menjadi lebih ringan," kelakarnya. (OL-6)

Baca Juga

AFP

Kemenkes: Dua Pasien Positif Omikron Meninggal Dunia

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:26 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya dua pasien konfirmasi positif omikron meninggal...
ANTARA

Pembangunan Infrastruktur Jokowi Berhasil Tingkatkan Koneksi Antarwilayah

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 19:40 WIB
PEMBANGUNAN infrastruktur yang digencarkan Presiden Joko Widodo terbukti mampu meningkatkan konektivitas...
DOK Uhamka

FKIP Uhamka Luluskan 1.469 Guru Profesional

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 18:12 WIB
FAKULTAS Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Yudisium Pendidikan Profesi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya