Senin 06 Desember 2021, 18:41 WIB

Dunia Akademik Tertarik Dalami Keberhasilan Indonesia Tangani Pandemi

mediaindonesia.com | Humaniora
Dunia Akademik Tertarik Dalami Keberhasilan Indonesia Tangani Pandemi

Website
Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat

 

MAHASISWA doktoral ilmu kesehatan masyarakat Universitas Indonesia angkatan 2021 menilai pemerintah sukses mengendalikan pandemi covid-19 di Indonesia. Kesuksesan itu perlu dikampanyekan mengingat status pandemi akan diupayakan menjadi endemi di kantung-kantung wilayah tertentu.

Hario Megatsari selaku perwakilan mahasiswa angkatan 2021 mengatakan, pihaknya akan menggelar seminar internasional bertemakan Towards Covid-19 Endemic Readiness pada 18 Desember mendatang sebagai upaya mengampanyekan optimisme kesuksesan pengendalian covid-19. 

"Kami merancang acara yang akan menghadirkan peserta se-Tanah Air hingga mancanegara ini untuk membagikan success-story penanganan covid-19," ujar Hario yang juga ketua panitia seminar dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Menurut dia, sejumlah pembicara kunci akan hadir. Salah satunya ialah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengoordinasikan penerapan PPKM Darurat pada September 2021 silam. 

"Indonesia berhasil melalui gelombang kasus tertingginya. Kini muncul ancaman varian omicron yang kini membuat dunia kembali menutup diri. Namun, sudah ada perangkat kebijakan dalam meredam kasus covid-19 yang dibarengi dengan upaya vaksinasi," imbuhnya.

Ia menambahkan, seminar tersebut juga akan mengundang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengetahui kebijakan transisi dan transformasi sistem kesehatan nasional dari pandemi covid-19 menjadi endemi bahkan suatu ketika menjadi penyakit biasa seperti flu musiman.

"Upaya menghadapi transisi dan transformasi sistem yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan tersebut dapat diketahui dan didukung oleh masyarakat lebih luas," tukas Hario.

Untuk itu, ada sesi panel yang mengusung subtema terkait rencana reorientasi fasilitas dan layanan kesehatan saat covid-19, aspek kesehatan dan keselamatan kerja yang berubah dengan adanya covid-19, dan inovasi vaksin global serta kesiapan pengembangannya di masa depan. 

“Kami berharap diskusi ini dapat memberikan perspektif baru, strategi yang inovatif serta mekanisme yang adaptif terkait dengan dunia kesehatan masyarakat di era endemi. Peserta yang datang juga mendapatkan alternatif-alternatif solusi menyongsong masa endemi,” cetusnya.

Kegiatan ini didukung oleh PT Waskita Karya Tbk, PT Chandra Asri Petrochemical, PT Wijaya Karya, PT Pertamina Gas, PT Pertamina PDC, serta Rumah Sakit Hj. Bunda Halimah Batam. Pendaftaran bisa di tautan http://bit.ly/SEMOL47. (RO/A-3)

Baca Juga

ANTARA

Pembangunan Infrastruktur Jokowi Berhasil Tingkatkan Koneksi Antarwilayah

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 19:40 WIB
PEMBANGUNAN infrastruktur yang digencarkan Presiden Joko Widodo terbukti mampu meningkatkan konektivitas...
DOK Uhamka

FKIP Uhamka Luluskan 1.469 Guru Profesional

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 18:12 WIB
FAKULTAS Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Yudisium Pendidikan Profesi...
Medcom.id/Ilham Pratama

Beasiswa OSC Diharapkan Dapat Menghadirkan Bibit Unggul di Tanah Air

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 18:11 WIB
Kualitas sumber daya manusia itu diyakini mempermudah juga dalam proses pembelajaran di perguruan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya