Kamis 25 November 2021, 15:00 WIB

Blibli Tanam 1.000 Pohon di Rembang, Hasil Dari Kumpulkan Kardus Besar

Hilda Julaika | Humaniora
Blibli Tanam 1.000 Pohon di Rembang, Hasil Dari Kumpulkan Kardus Besar

MI/Hilda Julaika
Blibli Tanam 1.000 Pohon di Rembang, Hasil Dari Kumpulkan Kardus Besar

 

BLIBLI melakukan aksi penanaman sebanyak 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah. Penghijauan ini merupakan upaya dari Blibli yang bekerja sama dengan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF). 

COO Blibli, Lisa Widodo, mengatakan penanaman pohon ini merupakan hasil dari pengumpulan 10.000 kardus bekas yang telah dikembalikan para pelanggan melalui armada pengiriman BES dan tempat pengumpulan kardus (collection boxes) Blibli Cinta Bumi yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2020–2021. 

"Sejak dijalankan pada 2020, Blibli Cinta Bumi mulai menggalakkan #AksiCintaBumi dengan mengajak pelanggan dan karyawan untuk melakukan pengumpulan plastik dan kardus bekas yang dihasilkan dari kegiatan belanja online. Pengumpulan sampah dapat dilakukan ke kurir BES saat mengantar barang atau lewat Blibli Cinta Bumi Collection Boxes yang berada di berbagai lokasi," kata Lisa di Rembang, Kamis (25/11).

Baca juga: Mensos Salurkan Bantuan ATENSI kepada 382 Penerima Manfaat di Palangkaraya

Lebih lanjut dijelaskan, kardus bekas yang terkumpul kemudian dikelola Blibli untuk didaur ulang menjadi filler material yang dapat dijadikan sebagai pengganti bubble wrap untuk membungkus produk-produk yang dibeli di Blibli. Dengan begitu, pelanggan bisa menikmati pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan dan berkontribusi langsung dalam menjalankannya secara berkelanjutan.

Menurutnya, baik pelanggan maupun karyawan pun menunjukkan respons positif terhadap upaya Blibli dalam melakukan pengelolaan kardus bekas yang lebih baik tersebut. 

Hal ini tercatat dari jumlah kardus bekas yang sudah terkumpul sebanyak 10.000 boks sepanjang kampanye Blibli Cinta Bumi berlangsung. Maka dari itu, untuk mengapresiasi dukungan tersebut, Blibli mengembangkan dampak positif dari #AksiCintaBumi dalam melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman pohon.

“Dengan kesamaan semangat antara Blibli dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation, kami berharap inisiatif bersama ini dapat memotivasi semua pihak untuk memahami pentingnya pelestarian lingkungan dan berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan," ungkapnya.

Beragam jenis pohon yang ditanam dalam #AksiCintaBumi ini terdiri dari 350 pohon berbunga, 200 pohon buah, dan 450 pohon untuk penghijauan. Tiap 1 bibit pohon yang ditanam berasal dari tiap 10 kardus yang dikumpulkan oleh Blibli dari para pelanggan. Adapun penanamannya dilakukan di area lahan kosong milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang di Jalan Nasional Rembang–Blora KM 5 yang telah didukung pemerintah setempat.

VP Director of Djarum Foundation, FX Supanji mengutarakan, Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan senang hati menyambut baik inisiatif ini. Pihaknya mengaku sangat terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak yang ingin bergerak dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. Terus merawat dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon juga sejalan dengan visi dan misi besar kami untuk bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk manusia tinggali.

"Makin banyak pihak yang peduli dan bergerak untuk lingkungan, maka diharapkan bumi kita akan menjadi lebih baik, karena sejatinya kita lah yang membutuhkan alam," ungkapnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng.

Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 08:22 WIB
Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A. dikukuhkan sebagai Guru Besar...
Khoa Pham/Unsplash.com

Rumah Sakit JIH Solo Memberikan Solusi Bagi Pasutri yang Mendambakan Buah Hati

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 07:59 WIB
Mereka memberikan pelayanan bertaraf internasional dengan sentuhan budaya...
DARREN BRADLEY

KLHK Gagalkan Penjualan 36,7 Kg Sisik Trenggiling dan 1 Buah Paruh Rangkong

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 28 November 2021, 07:39 WIB
Kepala Balai Gakum KLHK Wilayah Sumatera Subhan mengatakan bahwa penangkapan ini berawal dari kegiatan operasi peredaran tumbuhan satwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya