Minggu 21 November 2021, 19:25 WIB

Kedepankan Prokes, Menteri Agama : Kebijakan Umrah Satu Pintu

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kedepankan Prokes, Menteri Agama : Kebijakan Umrah Satu Pintu

Kemenag
Pertemuan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud do Makkah, Arab Saudi.

 

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas (Menag) bertemu Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud. Pertemuan berlangsung di Kantor Gubernur Makkah, Minggu (21/11).

Kepada Khalib bin Faisal, Menag Yaqut menyampaikan perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia. Disampaikan juga kebijakan dalam memersiapkan keberangkatan jemaah umrah.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali," terang Gus Yaqut, dalam keterangan resmi Kemenag.

Menag juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk kembali memberangkatkan jemaah umrah. Menurutnya, Kementerian Agama terus melakukan edukasi kepada calon jemaah haji dan umrah untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jemaah haji dan umrah," jelas Gus Yaqut.

"Dalam rangka mengupayakan kesehatan bagi calon jemaah umrah, Kementerian Agama membuat kebijakan umrah satu pintu," sambungnya.

Kebijakan lainnya terkait dengan PCR bagi calon jemaah umrah. Menurut Menag, itu akan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan oleh pemerintah Saudi.

"Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia," tandas Menag.

Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal Al Sa'ud menyambut baik kunjungan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Gubernur Makkah menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jemaah umrah dan haji Indonesia.

Namun demikian, Gubernur Makkah kembali menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 H dan juga haji, diselenggarakan masih dalam suasana pandemi.

Dalam kesempatan tersebut Menag juga memuji penyebaran prinsip-prinsip Islam yang moderat yang terus dilakukan Pemerintah Saudi.

"Justru kami belajar dari Indonesia tentang moderasi beragama," timpal Gubernur Makkah Khalid bin Faisal. (H-2)

Baca Juga

DOK MI

Wapres Minta Komitmen Daerah Wujudkan Target Penyelenggaraan MPP 100%

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:55 WIB
PEMERINTAH meminta komitmen kepala daerah untuk mewujudkan target 100% penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) dibangun di seluruh...
Antara/M Risyal Hidayat.

Mengenal Organ Reproduksi Wanita dan Fungsi

👤Miskah Syifa Putri 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:48 WIB
Setiap organ reproduksi dirancang dengan fungsinya masing-masing. Organ-organ ini dimiliki wanita sejak lahir. Namun kemampuan...
Freepik.com

Sandiaga : Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Finalisasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:31 WIB
Ini menjadi inovasi baru dalam merespons arus digitalisasi dan pola perilaku karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja secara jarak jauh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya