Rabu 10 November 2021, 14:45 WIB

Menko PMK: Indonesia Bisa Lepas Dari Jebakan Pendapatan Menengah

Siswantini Suryandari | Humaniora
Menko PMK: Indonesia Bisa Lepas Dari Jebakan Pendapatan Menengah

DOK UNJ
Menko PMK Muhadjir Effendy membuka secara resmi FIP-JIP 2021, yang merupakan forum pertemuan ilmiah rutin dua tahunan, Rabu (10/11/2021)

 

FAKULTAS Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan Forum Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) 2021, 9-11 November 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta dengan prokes ketat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy membuka secara resmi FIP-JIP 2021, yang merupakan forum pertemuan ilmiah rutin dua tahunan.

Pertemuan ini dalam rangka memperluas dan mempererat kerja sama, komunikasi, dan kemitraan antar Fakultas Ilmu Pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri maupun Jurusan Ilmu Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa ia optimistis Indonesia bisa lepas dari jebakan pendapatan menengah, kalau para pakar ilmu pendidikan mengkaji berbagai macam teori dan mencari teori yang kompatibel untuk Indonesia.

"Dan saya terus terang ini merupakan hari bahagia untuk saya karena ini merupakan habitat saya bisa ada disini mewakilkan bapak wakil presiden," ucap Muhajir dalam menutup sambutan dan dilanjutkan dengan pembukaan acara FIP-JIP 2021, Rabu (10/11) yang ditayangkan secara virtual.

Sementara itu Wirda Hanim, selaku Ketua Pelaksana FIP-JIP 2021 mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi FIP UNJ sebagai penyelenggara FIP-JIP 2021 karena memperoleh dukungan dari berbagai pihak.

"Kami berharap forum FIP-JIP ini mampu memperkuat jalinan kerjasama dan kemitraan antar LPTK dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemdikbudristek," ujarnya.

Pertemuan ini dalam rangka memperluas dan mempererat kerja sama, komunikasi, dan kemitraan antar Fakultas Ilmu Pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri maupun Jurusan Ilmu Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia

Dekan FIP UNJ, Fahrurrozi dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Forum FIP-JIP 2021 ditujukan untuk mengaktualisasikan konsep dan praksis pendidikan sesuai dengan paradigma pendidikan era 4.0 yang beradaptasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Forum ini untuk menyiapkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang relevan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka," tambahnya

baca juga: Jadikan Perjuangan KH Hasyim Asy'ari Teladan dalam Mengisi Kemerdekaan

Selain itu meningkatkan sinergitas sistem penjaminan mutu untuk mendorong akreditasi unggul dan akreditasi internasional pada setiap prodi dengan mengaktifkan peran dan fungsi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Sekaligus menghasilkan rumusan untuk rekomendasi kebijakan kerja sama Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada fakultas dan program studi. "Dan terakhir melembagakan Forum FIP-JIP sebagai organisasi berbadan hukum," terangnya.

Rektor UNJ Prof Komarudin menegaskan bahwa keberadaan Fakultas Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) sangatlah penting dalam rangka penguatan keilmuan pendidikan; mempererat hubungan dan memperkuat jejaring antar dosen ilmu pendidikan; serta perluasan peranan ilmuan/tokoh pendidikan Indonesia untuk masyarakat, bangsa, dan Negara. (N-1)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya