Senin 01 November 2021, 12:12 WIB

Yuk Ketahui Siklus Hidup Nyamuk Mulai dari Fase Telur

Febby Saraswati | Humaniora
Yuk Ketahui Siklus Hidup Nyamuk Mulai dari Fase Telur

dosenbiologi.com
Silus hidup nyamuk

 

TAHUKAH kamu nyamuk yang sering hinggap dan memakan darah manusia adalah nyamuk betina. Hal itu karena nyamuk betina membutuhkan protein untuk memenuhi kebutuhan perkembangan telur yang baik. 

Sedangkan nyamuk jantan memenuhi nutrisi dan dan makanan melalui tumbuhan. Misalnya nektar bunga. Hal itu karena nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina yang memiliki bentuk mulut merupai jarum sehingga dapat menusuk kulit manusia atau hewan.

Bagaimana dengan siklus hidup nyamuk? Dikutip dari Buku Hewan Pintar (2020), nyamuk memiliki 4 tahapan dalam siklus hidupnya yaitu telur, larva atau jentik, pupa, dan nyamuk dewasa.

Baca juga: Potensi Bioteknologi di Indonesia Belum Dimanfaatkan Secara Optimal

Nyamuk betina menyimpan telurnya di tempat yang  disukai nyamuk yaitu tempat yang lembab, seperti air, dan kolam. Nyamuk betina akan mengerami telurnya untuk beberapa waktu.

Setelah selesai mengerami, telur nyamuk akan berubah menjadi larva atau jentik. Mungkin Anda sering melihat larva nyamuk di bak kamar mandi yang kotor. larva dapat berenang- renang layaknya ikan. Bentuk larva yaitu memanjang seperti garis dan bewarna hitam.

Selanjutnya larva berubah menjadi pupa. Fase ini merupakan waktu istirahat atau jeda sebelum nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa. 

Sama seperti kepompong pada kupu-kupu, pada saat di dalam pupa nyamuk tidak membutuhkan makan ataupun minum. Untuk bertahan hidup akan muncul dua antena ke permukaan yang berfungsi untuk pernapasan.
ketika pupa nyamuk menyelesaikan perkembangannya. 

Dalam beberapa hari, nyamuk dewasa akan muncul ke permukaan air. Dalam 1 - 2 hari setelah kemunculannya, nyamuk dewasa akan kawin. Setelah kawin, nyamuk betina dewasa akan mencari makanan berupa darah dari mamalia seperti manusia atau hewan. 

Nyamuk betina dewasa memiliki masa hidup sekitar 40 hingga 60 hari. Sedangkan nyamuk jantan hanya memiliki masa hidup sekitar  10 hari saja. Karena itulah nyamuk dikategorikan hewan dengan masa hidup yang singkat. (OL-1)

Baca Juga

Freepik

Guru Besar IPB Perkirakan Tahun 2029, 1 dari 2 Orang Dewasa Alami Obesitas

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:18 WIB
Penyebab obesitas terdiri dari dua faktor utama, yaitu faktor biologi dan flingkungan. Faktor biologi terdiri dari genetik, mikrobiota...
Dok. SWISS-belhotel Pondok Indah

Yuk, Nikmati Paket Liburan Keluarga Di Swiss-belhotel Pondok Indah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:56 WIB
Paket berlaku hari Jumat hingga Minggu dengan harga Rp2.888.888 net sudah termasuk 2 malam menginap di kamar Family Two Bedroom atau...
Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi Beri Tanda Kehormatan bagi Nakes yang Gugur karena Covid-19

👤 Indriyani Astuti, Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:54 WIB
Presiden RI menganugerahkan tanda-tanda kehormatan tersebut kepada 7 perwakilan penerima tanda kehormatan dari total keseluruhan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya