Sabtu 30 Oktober 2021, 10:00 WIB

Tim USU Presentasikan Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan Prostat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tim USU Presentasikan Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan Prostat

Ilustrasi/Steemit
Kecombrang

 

Tim Universitas Sumatera Utara (USU) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 di USU mempresentasikan tentang manfaat kecombrang untuk kesehatan prostat.

Ketua Tim Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM)-RE USU, Wardhani Septina Sembiring, di Medan, Jumat (29/10) mengatakan, dengan judul "Pemanfaatan Kemosensor Film Karbon Nenofiber Dari Batang Kecombrang (Etlingera elatior) sebagai Material Sensitif Diagnostik Kanker Prostat".

Wardani menjelaskan, bahwa penelitian mereka berpotensi memberikan informasi pada masyarakat mengenai pemanfaatan batang kecombrang sebagai material kemosenser. "Sedangkan pada bidang medis, penelitian mereka berpotensi menciptakan alat diagnosis kanker prostat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim PKM Karsa Cipta dari USU, M.Atqa Adzkia Zaldy membawakan judul "Kursi Roda Pintar untuk Meningkat Mobilitas Tunanetra dengan sensor Ultrasonic dan Termometer sebagai Penerapan Protokol Kesehatan di Kala Pandemi".

Penggunaan tongkat kurang efektif untuk melakukan protokol kesehatan (prokes)," ujar M.Atqa dalam presentasinya di Kampus USU.

Rektor USU Dr Muryanto Amin memberikan motivasi kepada para peserta PIMNAS ke-34 untuk terus semangat dan pantang menyerah.

Rektor berharap para peserta terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas sehingga dapat menjadi agen-agen perubahan yang membawa Indonesia menjadi lebih baik.  (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Antara

Atasi PMK, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Darurat pada Ternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:07 WIB
Sejauh ini, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 19 provinsi tertular PMK, seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa...
ANTARA / ADITYA PRADANA PUTRA

BMKG: Selatan Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 13:25 WIB
BMKG punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkap dengan...
Pexels

Kesepian Bisa Sebabkan Lansia Kurang Gizi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:15 WIB
"Lansia kita cukup banyak yang hidup sendiri. Kesepian membuat lansia malas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya