Kamis 28 Oktober 2021, 11:49 WIB

Siti Nurbaya Sebut Telah Terjadi Evolusi di Sektor Lingkungan Hidup

Mediaindonesia.com | Humaniora
Siti Nurbaya Sebut Telah Terjadi Evolusi di Sektor Lingkungan Hidup

Antara
Ilustrasi: Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Aceh Tenggara, Aceh.

 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan evolusi telah terjadi di Indonesia di sektor lingkungan hidup terkait usaha mencegah perubahan iklim, termasuk berhasil menekan angka kebakaran hutan dan lahan.

“Di tahun 2015 kita mengalami masa-masa yang sangat sulit, dengan 2,6 juta hektare kebakaran hutan termasuk di gambut. Kalau kita lihat sekarang 229 ribu datanya, itu semua kemajuan-kemajuan bukan hanya di kebakaran hutan, ada penanaman pohon, kreasi kemitraan di konservasi, ada kreasi macam-macam,” ujar Menteri LHK Siti dalam acara Climate Leaders Message yang dipantau virtual dari Jakarta pada Kamis (28/10).

Berbagai kreasi dalam bidang lingkungan hidup itu, kata Siti, memperlihatkan perbaikan dan upaya untuk memperbaiki lingkungan dan kehutanan di Indonesia.

Dia juga menyebutkan berbagai macam inisiatif untuk melestarikan lingkungan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap perubahan iklim seperti Masyarakat Peduli Api dan Desa Peduli Gambut.

Langkah nyata juga dilakukan oleh Indonesia dengan meratifikasi Perjanjian Paris lewat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim.

“Peristiwa-peristiwa yang terjadi itu bisa kita tarik evolusinya, artinya perubahan secara gradual tapi sistematikanya bisa kita baca, dan ini menjadi sangat penting,” tegas Siti.

Jelang Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26), Siti menjelaskan bahwa di konferensi yang akan diakan di Glasgow, Skotlandia pada November 2021 pihak Indonesia akan mempertegas komitmen dan ambisi untuk mencapai target untuk mencegah kenaikan suhu 1,5 derajat Celcius. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru, PMI Kirim Bantuan dan Personel

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Desember 2021, 13:04 WIB
PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesment) kebutuhan serta evakuasi masyarakat...
Pexels

Ahli Gizi Sarankan Tambah Protein untuk Camilan Harian

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:45 WIB
"Jadi sel-sel yang sudah terbentuk lama-lama menua, butuh dikasih protein supaya tetap disintesis, kepadatannya tetap ada, karena...
ANTARA/Iggoy el Fitra.

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi 6 Meter di Perairan Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:30 WIB
Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat - Utara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya