Rabu 27 Oktober 2021, 14:20 WIB

Danone Communities Gandeng Nazava Beri Akses Air Minum Bagi Masyarakat

mediaindonesia.com | Humaniora
 Danone Communities Gandeng Nazava Beri Akses Air Minum Bagi Masyarakat

Ist
Danone Communities menggandeng Nazava untuk memberi akses air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

 

PEMERINTAH Indonesia telah mencanangkan target 100% akses air minum layak dan 15% air minum aman pada tahun 2024, serta 100% akses air minum aman pada 2030.

Kini belum semua masyarakat di Tanah Air mendapat akses air minum yang aman. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya.

Persoalan akses air minum juga dihadapi sejumlah negara di dunia. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 2,2 miliar orang atau 1 dari 3 orang di dunia, tidak memiliki akses air minum yang aman.

Terkait hal itu, Danone Communities, lembaga impact investment dan inkubator bisnis sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pada Kamis (21/10), mengumumkan investasi pada perusahaan sosial Nazava di Indonesia.

Danone Communities telah memberi dampak pada 11 juta orang di seluruh dunia dengan meningkatkan akses air minum yang aman bagi masyarakat, sekaligus berkontribusi untuk mencapai Tujuan Global untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan PBB, khususnya tujuan keenam yaitu akses air bersih dan sanitasi.

Melihat pentingnya peningkatan akses masyarakat terhadap air minum, Danone Communities mengumumkan investasi terbarunya pada Nazava.

Nazava adalah  sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi menyediakan air minum yang aman dan terjangkau bagi siapapun dan dimanapun dengan memproduksi dan menjual saringan air minum berkualitas tinggi dengan harga yang murah bagi rumah tangga.

Didirikan di Indonesia pada 2009 oleh dua warga negara Belanda, Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik, Nazava menyediakan air minum bagi lebih dari 450 ribu orang berpenghasilan rendah dan menargetkan untuk menjangkau 2 juta orang pada tahun 2024.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki  72% dari total populasi menggunakan air sumur sebagai air minum.

Kurang lebih sekitar 26 ribu anak-anak meninggal dunia rata-rata per tahunnya karena diare akibat mengkonsumsi air minum yang terkontaminasi.

Untuk mengatasi permasalahan akses air minum, Nazava telah mengembangkan model yang inovatif.

Bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal dan internasional, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Delft University, Belanda.

Saringan air minum yang telah teruji secara 1 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 Target Tujuan Global untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 global ini, didesain agar aspiratif dan mudah digunakan.

Produk ini didistribusikan secara luas di Indonesia lewat jaringan penjualan Lembaga Keuangan Mikro (MFI), reseller, dan situs e-commerce.

Secara keseluruhan saringan air Nazava memiliki dampak positif pada masyarakat lewat cara berikut ini:

Pertama. Meningkatkan kesehatan dengan cara mengurangi potensi penyakit yang menyebar lewat air. Kedua. Mengurangi produksi CO2 karena tidak butuh merebus air dengan menggunakan energi fosil.

Ketiga. Mengurangi sampah. Keempat.  Menghemat pengeluaran barang sekali pakai untuk rumah tangga (hemat hingga Rp. 1.099.460/US$78 per tahun per rumah tangga).

Kelima. Meningkatkan ketersediaan waktu pada rumah tangga (menghemat 2 jam per minggu per rumah tangga).

Terkait dengan investasi baru ini, Valerie Mazon, Business Development Waters Director, Danone Communities, mengatakan, “Kami sangat menyambut baik kehadiran Nazava dalam portofolio Danone Communities Water."

"Bagi Danone Communities, ini adalah kali pertama kami bekerja sama dengan perusahaan penyaring air rumah tangga, sekaligus kali pertama berkolaborasi dengan perusahaan asal Indonesia," jelasnya dalam keterangan pers, Rabu (27/10).

"Nazava memiliki cara-cara inovatif untuk menjangkau konsumen melalui jaringan Lembaga Keuangan Mikro sehingga membantu semakin banyak masyarakat membeli penyaring air rumah tangga melalui skema cicilan yang terjangkau. Hal ini juga menjadi model keuangan hybrid, dengan menjual kredit karbon berkat pengurangan CO2,” papar Valerie Mazon.

Danone Communities berdampak kepada lebih dari 10 juta orang, setiap hari Melalui semua investasi yang dilakukan kepada perusahaan sosial di seluruh dunia, Danone Communities telah memberi dampak positif kepada lebih dari 11 juta orang setiap harinya.

Menandai investasi yang ke-10 dalam penyediaan akses air minum yang aman, Danone Communities memperkuat portofolionya dan juga terus mendukung solusi pengolahan air yang terdesentralisasi, mulai dari kios air, alat-alat penyaringan di sekolah-sekolah, hingga penyaring air rumah tangga.

Keragaman solusi ini menjadi kunci untuk melayani 2 miliar orang yang masih belum memiliki akses air minum yang aman, serta menjadi jawaban untuk kebutuhan dan kebiasaan sesuai dengan budaya lokal. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. pribadi

Pakar : Asal Tidak Berlebihan, MSG Aman Dikonsumsi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:38 WIB
"Melalui peraturan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak...
Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya