Kamis 14 Oktober 2021, 19:54 WIB

Dua Tahun BenihBaik.com, Publik dan Korporasi Terlibat dalam 2.072 Kampanye Kebaikan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dua Tahun BenihBaik.com, Publik dan Korporasi Terlibat dalam 2.072 Kampanye Kebaikan

Dok BenihBaik.com
BenihBaik.com

 

BenihBaik.com, crowdfunding tepercaya di Indonesia telah memasuki usia yang kedua. Sebanyak 2.072 kampanye telah diikuti oleh publik dan korporasi. Donasi sebesar 152.355.540.106 telah diterima dan disalurkan kepada penerima manfaat.

Sepanjang setahun terakhir, terutama sejak Maret 2020, dunia termasuk Indonesia masih dalam masa pandemi, donatur publik dan korporasi meminati kampanye kebaikan bertema penanggulangan penyebaran Covid-19. Lini bisnis yang terdampak pandemi tetap antusias untuk melakukan kegiatan sosial. Bisa dilihat di mana banyak korporasi yang berlomba untuk dapat berkontribusi memenuhi kebutuhan yang sangat diperlukan pada saat itu. Misal awal pandemi, banyak sekali korporasi yang berdonasi untuk program APD dan masker karena pada saat itu kedua hal tersebut sangat langka dan berdampak pada peningkatan kasusnya.

Donasi itu diwujudkan dalam bentuk APD untuk fasilitas kesehatan, multivitamin untuk tenaga kesehatan dan fasilitas untuk pasien. Donatur juga memberikan perhatian untuk pemulihan bagi yang terdampak pandemi. Bantuan yang diberikan yakni sembako untuk masyarakat terdampak, modal dan pelatihan untuk pelaku UMKM mikro/ultra mikro.

Selain itu pada gelombang ke-2 pandemi yang terjadi di pertengahan tahun 2021, di mana terjadi kelangkaan pasokan tabung oksigen dan isi ulang oksigen, banyak pula perusahaan yang berlomba menyalurkan tabung oksigen siap pakai ke berbagai fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

Publik juga antusias membuat penggalangan dana untuk membantu sesama misalnya untuk pengadaan sembako bagi masyarakat terdampak pandemi. Mereka juga berinisiatif memberikan bantuan makanan untuk pasien covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

"Perjalanan dua tahun BenihBaik.com ini masih langkah yang sangat awal, kami tentu saja ingin menjadi jembatan kebaikan bagi Teman Baik dan sesama kita yang membutuhkan. Dua tahun ini semakin banyak keterlibatan pemberi donasi, korporasi, juga dana publik. Dari remaja sampai dewasa dan semua kalangan turut terlibat dalam banyak kampanye. Terima Kasih atas keterlibatan dan upaya-upaya kebaikan yang telah diberikan," kata Andy F Noya, CEO dan founder BenihBaik.com.

Bantuan yang telah diterima oleh BenihBaik.com, dan telah didistribusikan hingga pelosok Indonesia. Wilayah berada di urutan teratas menerima bantuan adalah Pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Baca Juga

MI/ VICKY GUSTIAWAN

Menimbang Efektivitas PTM di Masa Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 15:20 WIB
Dengan PTM ini bisa memberi waktu kepada anak-anak, juga karena tidak ada batasan waktu untuk tugas guru akan aktif mengingatkan siswanya...
ANTARA / Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Catat Ada 32 Kali Aktivitas Gempa di Banyubiru, Ambarawa, Salatiga

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:45 WIB
Terjadinya fenomena gempa swarm ini setidaknya menjadikan pembelajaran tersendiri untuk masyarakat, karena aktivitas swarm memang jarang...
DOK. ITS

ITS Raih Penghargaan Terbanyak Pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:20 WIB
Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya