Senin 11 Oktober 2021, 11:21 WIB

Menkes: Perlu Didorong Terus Vaksinasi Covid-19 untuk Kalangan Lansia

Eni Kartinah | Humaniora
Menkes: Perlu Didorong Terus Vaksinasi Covid-19 untuk Kalangan Lansia

Ist
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) melakukan kunjungan saat kegiatan vaksinasi Covid-19 di RS Premier Bintaro.

 

DALAM menyambut Hari Ulang Tahun yang ke-23, Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19, kali ini dengan vaksinasi Pfizer. Kegiatan vaksinasi ini diperuntukkan bagi 1.084 peserta yang telah melakukan pendaftaran secara online.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pada Minggu (10/10), merupakan kegiatan vaksinasi yang telah dilakukan beberapa kali yang diadakan RS Premier Bintaro.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di RS Premier Bintaro kali ini, turut hadir dan melakukan peninjauan yakni Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Wali Kota Tangerang Selatan, H. Benyamin.

Dalam sambutannya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan,"Saya titip buat yang divaksin (peserta vaksinasi Covid-19) jangan lupa bahwa vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita terutama mereka yang berusia lanjut."

"Karena dari data data orang yang kena Covid-19 dan masuk rumah sakit dan wafat paling besar usianya di atas 60 tahun. Jadi kalau ada kakek nenek belum divaksin Covid-19 cepat-cepat dibawa ke sini," ucap Menkes.

Menkes Budi juga mengingatkan bahwa fatality rate mereka yang berusia di atas 60 tahun lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalangan muda. "Ini bukan berarti kita tak sayang kepada anak-anak tetapi kenapa ini diprioritaskan bagi mereka yang berusia lanjut, " jelasnya..

Menkes juga mengatakan kasus kematian akibat Covid-19 mengalami peningkatan di Singapura. Sebagian mereka yang meninggal adalah mereka yang berusia lanjut.

"Tadi saya menyampaikan kepada Pak Wali Kota dan mengucapkan selamat dengan 70% dari warganya yang sudah vaksin Covid-19. Tapi kita harus melihat berapa persen warga yang berusia di atas 60 tahun yang sudah divaksin di Kota Tangerang Selatan," kata Menkes.

Menurut Budi, di Indonesia dari 21 juta orang telah mendapat vaksin Covid-19 tatapi mereka yang berusia lanjut baru mencapai 30%. "Ini  yang harus dibantu. Untuk RS Premier Bintaro, selamat HUT sukses selalu, mudah-mudahan bisa terus melayani masyarakat," tuturnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya atau pada 15 Agustus 2021, RS Premier Bintaro menggelar vaksinasi Covid-19 ketiga atau vaksin booster untuk para tenaga kesehatan.   

Semua warga boleh divaksin

Untuk vaksinasi Covid-19 kali ini tidak hanya terbatas pada warga Tangerang Selatan saja, melainkan kepada seluruh masyarakat yang memiliki KTP dari wilayah manapun maupun bagi mereka dengan usia 12 tahun ke atas.

Adapun persyaratan vaksinasi Pfizer kali ini yaitu WNI usia 12 tahun ke atas, wajib membawa KTP untuk peserta yang berusia lebih dari atau sama dengan 17 tahun, membawa kartu identitas anak atau kartu keluarga untuk usia antara 12 - 17 tahun, belum pernah divaksin Covid-19.

Persyaratan lain adalah tidak terdaftar di kegiatan vaksinasi gotong royong, untuk ibu hamil, usia kehamilan sudah memasuki trimester ke-2, dan mereka yang  melalui perjanjian, tidak melayani walk-in

Selain itu, masyarakat perlu tahun bahwa RS Premier Bintaro terpilih sebagai salah satu rumah sakit percontohan wisata kesehatan (health tourism) Indonesia yang digagas Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi), Kemenkes, dan Kemenparekraf.

Selain itu, RS Premier Bintaro juga terpilih sebagai Pusat Wisata Medis pada bidang Sport Clinic dan Skin & Laser Clinic.

Terpilihnya RS Premier Bintaro sebagai salah satu rumah sakit percontohan wisata kesehatan ditandai dengan kunjungan Menkes ke RS Premier Bintaro pada Minggu (10/10).

Selain untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Pfizer, kunjungan Menkes  Budi juga untuk menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara RS Premier Bintaro dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) mengenai Kedokteran Wisata Kesehatan (Health Tourism).

Sport Clinic merupakan salah satu layanan unggulan yang diusung oleh RS PremierBintaro dalam mendukung Wisata Kesehatan Indonesia.

Sport Clinic RS Premier Bintaro didirikan sejak tahun 2007 dan didukung oleh tim dokter Sport Clinic yang berpengalaman dan telah menangani banyak klub olahraga dan seringkali mendukung kegiatan komunitas, atlet, penggemar olahraga, serta selebriti. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok. pribadi

Pakar : Asal Tidak Berlebihan, MSG Aman Dikonsumsi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:38 WIB
"Melalui peraturan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak...
Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya