Selasa 05 Oktober 2021, 07:23 WIB

Resmi Dibuka, Sandbox IKAPUNIJA Leburkan Sekat antar Alumni PNJ

Muhamad Fauzi | Humaniora
Resmi Dibuka, Sandbox IKAPUNIJA Leburkan Sekat antar Alumni PNJ

dok.ikapunija
Sekretariat Ikatan Alumni Politeknik UI dan Politeknik Negeri Jakarta (IKAPUNIJA) telah resmi dibuka untuk menjadi wadah berkumpul alumni da

 

SEKRETARIAT Ikatan Alumni Politeknik UI dan Politeknik Negeri Jakarta (IKAPUNIJA) telah resmi dibuka untuk menjadi wadah berkumpul alumni dan sarana berkolaborasi. Diresmikan langsung oleh Direktur PNJ, Dr. SC. Zainal Nur Arifiin Dipl, Eng, HTMLT, acara digelar secara  hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan.

Puluhan alumni Politeknik UI dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengikuti rangkaian kegiatan offline di Sekretariat IKAPUNIJA, Gedung Serbaguna PNJ lantai 1 sekaligus ratusan lainnya yang hadir secara online melalui live Instagram @ikapunija pada 1 Oktober lalu.

Kegiatan offline dihadiri pula oleh Wakil Direktur Bidang Kerja Sama, Iwan Supriyadi, BSCE., M.T., Ketua Koperasi Politeknik (KOPTEK), Ferdinand Damita, Ketua Umum IKAPUNIJA, Chairuddin Achmad, Ketua Dewan Perwakilan Alumni, M Zahir SA.  

Ketua Umum IKAPUNIJA, Chairuddin Achmad atau yang lebih akrab disapa Bang Choi secara langsung memberi nama untuk Sekretariat IKAPUNIJA yaitu Sandbox IKAPUNIJA. Penamaan yang cukup unik ini mengandung arti dan harapannya atas Sekretariat IKAPUNIJA.

“Nama Sandbox adalah sebagai tempat kreatif. Biasanya anak-anak kan mainnya di dalam kotak pasir. Di situ tempatnya kreatifitas dan diharapkan peran Sandbox IKAPUNIJA untuk kita semua sebagai ‘kotak pasir’ sehingga menciptakan kreatifitas yang bermanfaat untuk kita semua,” jelas Chairuddin dalam keterangannya, Selasa (5/10).

Ketua KOPTEK, Ferdinand Damita juga menyampaikan harapannya yaitu dengan langkah awal ini, IKAPUNIJA dan KOPTEK kemudian bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam tujuan yang sama. Tujuan itu adalah menyatukan semua angkatan untuk berpartisipasi kepada pergerakkan dari IKAPUNIJA, KOPTEK, maupun almamater kita bersama PNJ.

Kehadiran Sandbox ini juga merupakan keinginan Direktur PNJ sejak menjadi sebagai Wadir 4 di tahun 2012. Setelah penantian panjang, akhirnya terealisasi Jumat kemarin.

“Alhamdulillah pada hari ini keinginan saya terwujud yaitu adanya sekretariat IKAPUNIJA di Politeknik Negeri Jakarta ini sebagai tempat untuk berkumpul, bersilaturahmi, melakukan kreatifitas dan aktivitas apapun dari alumni. Sehingga kita sebagai alumni Politeknik UI maupun Politeknik Negeri Jakarta bisa lebih memberikan arti dan kontribusi kepada almamater kita,” ujar Direktur PNJ yang juga merupakan alumni Politeknik UI.

Baca Juga: Disiplin Prokes untuk Dukung Pembukaan Kegiatan Sosial-Ekonomi

Tidak hanya itu, Zainal juga memiliki mimpi para alumni bisa berkumpul di Sandbox IKAPUNIJA seminggu atau sebulan sekali. Bagi siapapun yang ada waktu, dipersilahkan hadir. Para alumni dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dan mungkin juga bisa melibatkan adik-adik mahasiswa. Melalui Connecting the Dots, IKAPUNIJA ingin menguhubungkan semua alumni Politeknik UI dan PNJ.

Selain memberikan sambutan, Direktur PNJ juga melakukan prosesi memasukkan bola golf dan melempar dart di area bermain IKAPUNIJA sebagai bentuk simbolis peresmian Sandbox IKAPUNIJA. Setelah mencoba memukul bola beberapa kali, keberhasilan Zainal diiiringi tepuk tangan dari para alumni yang ikut menyaksikan momen bersejarah ini.

Prosesi simbolis ini berhasil membuat makin cair dan akrab sehingga tiada lagi sekat di antara alumni walaupun terpaut belasan bahkan puluhan tahun. Selanjutnya, para alumni yang  lebih muda diharapkan untuk tidak menggunakan sapaan Pak/Ibu kepada sesama alumni. Sapaan Bang, Kak, dan Mpok lebih direkomendasikan. Himbauan ini bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman dan melekatkan keakraban antara alumni tanpa menghilangkan rasa sopan santun. (OL-13)

Baca Juga

Transformasi sistem kesehatan di Indonesia

Kemenkes bakal Promosikan Transformasi Kesehatan Indonesia Kepada Dunia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Health Business Gathering diadakan untuk memperkuat hubungan persahabatan, mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan serta...
dok.Biro Pers Setpres

Omicron Masuk Singapura, Jokowi Ingatkan Antisipasi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:55 WIB
PRESIDEN mengingatkan kewaspadaan terhadap ancaman varian Omicron yang sudah menyebar ke banyak negara termasuk tetangga...
Istimewa

Jelang Siaran Analog ke Digital, Kominfo Dorong Konten Positif Banjiri Ruang Digital

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:55 WIB
PERALIHAN siaran analog ke digital pada tahun depan disertai harapan akan lebih banyak konten positif yang akan membanjiri ruang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya