Senin 20 September 2021, 10:08 WIB

Erick Cek Penerapan PeduliLindungi di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Erick Cek Penerapan PeduliLindungi di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat meninjau vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

MENTERI BUMN Erick Thohir meninjau langsung layanan operasional dan penerapan integrasi data kesehatan PeduliLindungi bagi pengguna jasa transportasi penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, pada Minggu (19/9).

Dia menegaskan, penggunaan aplikasi tersebut penting diimplementasi dalam rangka skrining penumpang di gerbang masuk wilayah Indonesia, seperti dari pelabuhan sebagai upaya pencegahan penyebaran varian Mu.

"Kami selalu memeriksa penerapan PeduliLindugi di layanan transportasi, mulai dari bandara, terminal, sampai ke pelabuhan penyeberangan," ujarnya dari rilis resmi, Senin (20/9).

Erick menjelaskan, dalam persyaratan perjalanan lainnya telah diatur bahwa vaksinasi dan hasil negatif test Covid-19 adalah keharusan bagi setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan, utamanya menggunakan transportasi publik.

"Syarat telah melakukan vaksinasi adalah keharusan, kita harus selalu waspada, dan selalu menjaga, jangan karena keadaan sudah semakin membaik, kita menjadi lupa," ucap Menteri BUMN.

Erick pun mendorong PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk terus menjadi operator pelayanan transportasi publik mumpuni mengawasi syarat protokol kesehatan bagi penumpang pelabuhan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, layanan penjualan tiket online Ferizy yang berlaku di Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk sudah terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi, yang mana data vaksin menjadi syarat wajib dalam proses reservasi tiket online di Ferizy.

Dia menambahkan, beli tiket via online bisa dilakukan calon penumpang melalui ponsel mulai dari H-60 hingga maksimal 2 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan.

"Pengguna jasa tidak perlu antre lagi di pelabuhan, cukup scan barcode yang didapat saat beli online, lalu akan mendapatkan boarding pass untuk naik ke kapal," tandasnya. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Antara

Awas ! Cuaca Ekstrem Diprediksi Hantam Indonesia hingga 9 Desember

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:40 WIB
Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menghantam sebagian besar wilayah Indonesia hingga 9 Desember...
Antara

KLHK Jajaki Peluang Ekspor Kopi Hasil Perhutanan Sosial di Turki

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:30 WIB
KLHK berpartisipasi pada acara One Day Indonesia Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) di Turki untuk menjajaki peluang pasar ekspor...
Transformasi sistem kesehatan di Indonesia

Kemenkes bakal Promosikan Transformasi Kesehatan Indonesia Kepada Dunia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Health Business Gathering diadakan untuk memperkuat hubungan persahabatan, mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya