Jumat 17 September 2021, 10:29 WIB

Apa yang Dimaksud dengan Otot Polos? Ini Jawaban Lengkapnya

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Apa yang Dimaksud dengan Otot Polos? Ini Jawaban Lengkapnya

dosenpendidikan.co.id
Otot polos

 

PERLU kalian ketahui otot merupakan satu bagian tubuh yang berperan penting pada manusia. Salah satu jenis sistem jaringan yang terdapat di dalam tubuh itu memiliki peran sebagai sistem gerak aktif. 

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Otot Lurik, Fungsi Serta Kerjanya

Otot manusia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Ketiganya memiliki bentuk dan tugas yang berbeda pada tubuh. Nah, apa itu otot polos? Simak penjelasannya.

Pengertian Otot Polos 

Otot polos merupakan salah satu dari tiga jenis otot yang dimiliki manusia. Otot polos disebut polos karena tidak memiliki lurik. Otot polos adalah otot yang bekerja secara tidak sadar yang berada hampir di seluruh bagian tubuh.

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan J Gordon Betts dalam tulisannya yang berjudul "Anatomy dan Psikologi" (2017), otot polos bekerja secara tidak sadar dan tidak membutuhkan energi yang besar dalam melakukan kontraksi yang berkelanjutan. 

Selain itu, otot polos juga menjadi penunjang utama dalam tubuh kita yang bergerak dalam waktu lama dan tanpa jeda, hampir setiap bagian pada tubuh kita tersusun dari jaringan otot polos.

Ciri-ciri Otot Polos

  • Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya meruncing 
  • Bersifat elastis
  • Memiliki tebal sekitar empat hingga lima mikrometer
  • Memiliki panjang sekitar 20 hingga 300 mikrometer
  • Mempunyai satu inti sel, terletak di tengah sel 
  • Otot bekerja di luar kesadaran, bekerja lambat, teratur, dan tidak cepat lelah
  • Terdapat pada dinding alat-alat tubuh bagian dalam seperti paru-paru, pembuluh darah, lambung, usus, dan indung telur.

Jenis Otot Polos

Otot polos yang terdapat di dalam tubuh manusia terdiri dari 2 jenis otot polos, yaitu otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda.

Otot polos unit tunggal adalah otot polos yang terdiri dari susunan-susunan serabut yang bekerja secara kolektif, hasilnya adalah kontraksi otot yang panjang dan seragam. Sedangkan otot polos unit ganda bekerja secara individu atau mandiri.

Letak Otot Polos

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, otot polos hadir pada seluruh saluran pencernaan, saluran pernafasan, pembuluh darah, pembuluh limfatik, ginjal, dinding perut, kandung kemih, saluran reproduksi, rahim, prostat, sistem intergumen, otot rambut, otot siliaris, dan juga iris mata.

Fungsi Otot Polos

Adapun beberapa fungsi otot polos pada tubuh yang perlu anda ketahui, terlebih otot polos lebih cenderung bekerja diluar kesadaran. Berikut adalah beberapa fungsi otot polos pada tubuh:

  1. Membantu pencernaan
  2. Detoksifikasi
  3. Menjaga keseimbangan elektrolit
  4. Pengaturan tekanan darah
  5. Pengaturan aliran urin
  6. Transportasi oksigen untuk jaringan

Demikian ulasan tentang otong polos. Semoga membantu! (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

PDUI dan Le Minerale Lanjutan Kemitraan Promosikan Pola Hidup Sehat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:37 WIB
Marketing Director Le Minerale Febri Hutama mengatakan, kemitraan strategis itu selaras dengan visi dan komitmen Le Minerale untuk mengajak...
Dok. Pribadi

UNESCO dan Balai Konservasi Borobudur Luncurkan Buku Pemetaan Potensi Kawasan Borobudur  

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 21:31 WIB
Buku Pemetaan Potensi Kawasan Borobudur menjadi sangat penting, karena adanya keberadaan Candi Borobudur yang tercatat dalam daftar Warisan...
MI.Rudi Kurniawansyah

Penanganan Karhutla RI DIapresiasi, Pakar : Jangan Cepat Berpuas Diri 

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:51 WIB
"Ke depan saya berharap, apa yang sudah dicapai saat ini hendaknya tetap dipertahankan dan bukan tidak mungkin bisa ditingkatkan lagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya