Senin 13 September 2021, 21:28 WIB

Inggris Dukung Indonesia jadi salah Satu Ketua di FACT Dialog

Mediaindonesia.com | Humaniora
Inggris Dukung Indonesia jadi salah Satu Ketua  di FACT Dialog

Antara/Amas Padda
Ilustrasi -- Petani

 

Pemerintah Inggris menyatakan apresiasi dan dukungan bagi Indonesia sebagai salah satu Ketua Bersama dalam Dialog Hutan, Pertanian, dan Perdagangan Komoditas (Forest, Agriculture, and Commodity Trade/FACT) yang bertujuan untuk mendorong pengembangan rantai pasok yang berkelanjutan dan mengurangi deforestasi.

“Kesuksesan dan kepemimpinan Indonesia menjadi contoh bagi negara-negara lainnya,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (13/9).

FACT Dialog, yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Inggris, baru-baru ini menggelar acara virtual dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah, para pelaku usaha, masyarakat sipil, serta petani kecil, guna bekerja sekerja kolaboratif untuk mendukung perwujudan pertanian dan perdagangan komoditas yang berkelanjutan.

Menyusul acara yang digelar pada Kamis (9/9) lalu itu, sejumlah tema penting seperti perdagangan, petani kecil, transparansi dan keterlacakan, serta inovasi dan teknologi, telah mulai dijajaki oleh kelompok kerja tematik, sebagaimana dijelaskan dalam keterangan Kedubes Inggris di Jakarta.

Dalam acara tersebut, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Alue Dohong, mengatakan bahwa Indonesia merupakan bagian penting dari pasar komoditas global dan bahwa dalam semangat kerja sama, Indonesia telah menunjukkan besarnya kemungkinan untuk mendukung produksi komoditas dan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan, tanpa meninggalkan upaya untuk menekan laju deforestasi.

“Berbagai kebijakan telah dilakukan, termasuk moratorium perizinan baru dan membangun sistem memverifikasi legalitas dan produksi kayu secara berkelanjutan, dan telah diwujudkan pencapaiannya,” ujarnya.

Dia pun menyoroti pentingnya membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan global, termasuk melalui Dialog FACT Global.

Pentingnya kemitraan global dalam konteks tersebut juga turut disoroti oleh Owen Jenkins, yang mengatakan bahwa semua niatan dan target yang telah ditentukan akan lebih berarti jika diikuti dengan rencana aksi yang dijalankan.

“Itulah mengapa Dialog FACT selanjutnya sangat penting. Kami dan mitra-mitra kami akan merujuk pada prinsip-prinsip yang telah disetujui – dan berdasarkan hasil pekerjaan kelompok kerja tematis – untuk mulai merinci apa yang dapat kita setujui pada COP26 di Glasgow,” ujar Jenkins.

Dia pun mengatakan bahwa melalui kerja sama tersebut, Indonesia dan Inggris dapat bersama-sama membawa banyak perubahan yang diperlukan untuk melindungi lingkungan alam yang sangat berharga seperti hutan hujan dan mengatasi perubahan iklim.

Acara komunikasi Global FACT itu juga digelar untuk membangun momentum menjelang konferensi perubahan iklim COP26 di Glasgow, di mana kegiatan tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kebijakan di negara-negara di dunia.

Kegiatan dialog FACT diharapkan dapat memupuk semangat kemitraan dan kerja sama yang erat dan berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan sebuah peta jalan serta langkah-langkah yang dapat diimplementasikan dan disetujui pada COP26 nanti. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/FIKRI YUSUF

Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Perlu Dilakukan Secara Menyeluruh

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 19 September 2021, 17:59 WIB
Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya dengan membuat biopori, sumur resaman, penampung air sungai, dan melibatkan masyrakat untuk...
Ist

Cegah Perselisihan, RS dan Pasien Perlu Pahami Hak dan Kewajiban

👤Eni Kartinah 🕔Minggu 19 September 2021, 17:27 WIB
Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan setidaknya ada 20 kewajiban yang harus dilakukan pihak rumah sakit dan tenaga...
ANTARA/RAISAN AL FARISI

Bangun Komunikasi dengan Anak Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:50 WIB
Orangtua juga harus melatih dan membiasakan anak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menerapkan pola hidup sehat di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya