Kamis 09 September 2021, 16:15 WIB

Pembangunan Selesai, Pemerintah Resmikan 4 Politeknik Negeri di Jawa Timur

Faustinus Nua | Humaniora
Pembangunan Selesai, Pemerintah Resmikan 4 Politeknik Negeri di Jawa Timur

Politeknik Negeri Madiun
Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto di acara peresmian dan tasyakuran gedung kuliah bersama Jurusan Teknik PNM pada Desember 2020.

 

PEMERINTAH telah selesai membangun empat politeknik negeri di Jawa Timur (Jatim). Keempat politeknik negeri tersebut adalah Politeknik Negeri Madiun (PNM), Politeknik Negeri Malang (Polinema), Politeknik Negeri Jember (Polije), dan Politeknik Negeri Madura (Poltera).

Serah terima empat politeknik tersebut secara resmi sudah dilakukan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jhon Wempi Wetipo yang dipusatkan di Kampus II Politeknik Negeri Madiun (PNM) pada Selasa (7/9). Wakil Menteri PUPR mengemukakan bahwa secara fisik pembangunan gedung telah tuntas dikerjakan.

"Dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran usai dilakukan serah terima dari Kementerian PUPR ke pihak kampus," tuturnya dalam keterangan pers, Kamis (9/9).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan, kehadiran politeknik diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. SDM unggul bisa diwujudkan dengan adanya sekolah-sekolah vokasi berkualitas.

"Dari sinilah kita menunggu lulusan SDM yang memiliki kompetensi dan kemampuan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri," tegasnya.

Lebih lanjut, Wikan menyampaikan bahwa pendidikan vokasi memainkan peran yang sangat strategis khususnya dalam memenuhi kebutuhan akan SDM sesuai kualifikasi industri. “Untuk membantu pendidikan vokasi memahami dan memenuhi kebutuhan tersebut, perlu adanya sinergi dengan industri agar terjadi link and match antar kedua belah pihak, yaitu perguruan tinggi vokasi dan industri,” jelasnya.

Data Kementerian PUPR menyebut, secara keseluruhan ada 44 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dibangun Kementerian PUPR. Dari 44 PTN tersebut, sebanyak 27 merupakan PTN politeknik negeri dan 17 nonpoliteknik. Dari 27 politeknik negeri, empat di antaranya berada di Jatim yang diserahterimakan pada Selasa (7/9).

Total anggarannya yang dikeluarkan mencapai sekitar Rp240 miliar. Pengerjaannya saat ini telah tuntas 100 persen. Perlu diketahui, proyek tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi atau Renovasi Prasarana Perguruan Tinggi pada Empat Politeknik Negeri di Jawa Timur.(H-2)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya